Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

10 BAHASA PALING BANYAK DI GUNAKAN DI DUNIA

Bahasa merupakan sarana untuk berkomunikasi yang digunakan oleh manusia untuk saling berinteraksi dan bersosialisasi.  Dengan adanya bahasa, manusia bisa memahami apa yang disampaikan dan diinginkan oleh lawan bicaranya.

Jumlah bahasa yang ada di dunia sangatlah beragam, hampir mencapai 7000an bahasa. Tentu saja bahasa tersebut memiliki dialek yang berbeda-beda dengan satu daerah dan daerah lainnya

Bahasa secara historis menyebar melalui perdagangan, penaklukan, kolonisasi, imigrasi, dan interaksi Agama dan budaya.

Apa bahasa yang paling banyak digunakan di dunia? Apakah Bahasa Indonesia masuk dalam 10 besar pengguna bahasa di Dunia.

Berikut ini analisis bahasa paling populer di dunia dari segi penutur asli dan mereka yang telah mempelajari bahasa tersebut. Dengan kata lain paling banyak digunakan di dunia. Dikutip dari World Atlas, Kamis (17/9/2020):


1.      Bahasa Inggris

Bahasa Inggris

Bahasa Inggris adalah bahasa Jermanik yang pertama kali dituturkan di Inggris pada Abad Pertengahan Awal dan saat ini merupakan bahasa yang paling umum digunakan di seluruh dunia. Bahasa Inggris dituturkan sebagai bahasa pertama oleh mayoritas penduduk di berbagai negara, termasuk Britania Raya, Irlandia, Amerika Serikat, Kanada, Australia, Selandia Baru, dan sejumlah negara-negara Karibia; serta menjadi bahasa resmi di hampir 60 negara berdaulat. Bahasa Inggris adalah bahasa ibu ketiga yang paling banyak dituturkan di seluruh dunia, setelah bahasa Mandarin dan bahasa Spanyol. Bahasa Inggris juga digunakan sebagai bahasa kedua dan bahasa resmi oleh Uni Eropa, Negara Persemakmuran, dan Perserikatan Bangsa-Bangsa, serta beragam organisasi lainnya.

Bahasa Inggris berkembang pertama kali di Kerajaan Anglo-Saxon Inggris dan di wilayah yang saat ini membentuk Skotlandia tenggara. Setelah meluasnya pengaruh Britania Raya pada abad ke-17 dan ke-20 melalui Imperium Britania, bahasa Inggris tersebar luas di seluruh dunia. Di samping itu, luasnya penggunaan bahasa Inggris juga disebabkan oleh penyebaran kebudayaan dan teknologi Amerika Serikat yang mendominasi di sepanjang abad ke-20. Hal-hal tersebut telah menyebabkan bahasa Inggris saat ini menjadi bahasa utama dan secara tidak resmi (de facto) dianggap sebagai lingua franca di berbagai belahan dunia

Bentuk bahasa Inggris yang paling awal diperkenalkan ke Inggris oleh penjajah secara berurutan. Dari suku Jermanik, Celtic, dan Viking hingga Normandia, bahasa Inggris berkembang dari beberapa pengaruh linguistik. Dari Inggris, bahasa menyebar melalui penjajahan penaklukan, perdagangan, dan interaksi.

Saat ini, bahasa Inggris adalah bahasa bisnis internasional dan merupakan bahasa resmi utama di antara negara-negara lain di Amerika Serikat, Kanada, Inggris Raya, Irlandia, Nigeria, Australia, dan Namibia. Sebagian besar berkat globalisasi dan popularitas media Amerika dan Inggris, penggunaan bahasa Inggris semakin meningkat, terutama di kalangan anak muda.



2.      Mandarin


Bahasa Mandarin

Bahasa China Mandarin adalah bahasa lisan terpopuler kedua di dunia dengan total 1,12 miliar penutur. Mandarin adalah bagian dari rumpun bahasa Sino-Tibet yang tersebar di sebagian besar Asia. Dari asalnya di Tiongkok, lima bahasa Tiongkok utama (Mandarin, Yue yang meliputi Kanton, Min, Wu, dan Hakka) juga digunakan secara luas di Taiwan, Singapura, dan Malaysia.

Sekitar 1/5 penduduk dunia menggunakan salah satu bentuk bahasa Mandarin sebagai penutur asli, maka jika dianggap satu bahasa, bahasa Mandarin merupakan bahasa dengan jumlah penutur asli terbanyak di dunia. Bahasa Mandarin (dituturkan dalam bentuk standarnya, Mandarin) adalah bahasa resmi Tiongkok dan Taiwan, salah satu dari empat bahasa resmi Singapura, dan salah satu dari enam bahasa resmi PBB.

Istilah dan konsep yang digunakan orang Mandarin untuk berpikir tentang bahasa berbeda dengan yang digunakan orang-orang Barat; ini disebabkan oleh efek pemersatu aksara Mandarin yang digunakan untuk menulis dan juga oleh perbedaan dalam perkembangan politik dan sosial Tiongkok dibandingkan dengan Eropa. Tiongkok berhasil menjaga persatuan budaya dan politik pada waktu yang bersamaan dengan jatuhnya kerajaan Romawi, masa di mana Eropa terpecah menjadi negara-negara kecil yang perbedaannya ditentukan oleh bahasa.

Bahasa China terdiri dari beberapa dialek, yang dapat sangat bervariasi satu sama lain. Mereka dapat ditulis dengan karakter tradisional, tetapi inisiatif pemerintah dari tahun 1949 yang dirancang untuk membuat bahasa lebih mudah dipelajari menghasilkan karakter yang lebih sederhana.

Banyaknya Penggunaan bahasa mandarin ini dikarenakan oleh banyaknya Bangsa Cina yang bermigrasi ke Negara – negara di Dunia, dan masih tetap menggunakan bahasa Asli.

3.      Hindi

        

Bahasa Hindi

Akar bahasa Hindi berasal dari bahasa Sanskerta, bahasa awal yang digunakan oleh pemukim Arya di barat laut India sekitar tiga ribu tahun yang lalu.

Bahasa Hindi ialah bahasa kebangsaan India. Bahasa Indo-Eropah ini merupakan sebahagian daripada kontinum dialek untuk famili bahasa Indo-Arya dan ditutur khususnya di India Utara, Tengah, dan Barat.

Selama berabad-abad, bahasa Hindi dipengaruhi oleh Dravida, Turki, Portugis, Persia, Arab, dan Inggris. Bahasa Hindi adalah bahasa dominan di India, dan juga digunakan di Nepal, AS, Afrika Selatan, Yaman, dan Mauritius.

Menurut data yang dirangkum Wikipedia (27 Mei 2020) Negara India ada di peringkat dua dengan jumlah penduduk sebesar 1.359.940.000 jiwa. Hal ini memungkinkan bahwa pengguna bahasa Hindi ini sangat banyak.

4.      Spanyol

Bahasa Spanyol

Bahasa Spanyol muncul di Semenanjung Iberia (sekarang, Spanyol dan Portugal) dari interaksi antara orang Celtic yang berbahasa Celtic dan orang Romawi yang berbahasa Latin.

Setelah invasi Arab Afrika Utara dan suku-suku Jerman, dialek Kastilia muncul yang membawa bahasa Spanyol standar. Bahasa Spanyol adalah bahasa resmi di Spanyol dan banyak negara Amerika Latin seperti Argentina, El Salvador, Chile, Meksiko, Guatemala, dan Kosta Rika.

Bahasa Spanyol ini mungkin tidak sepopuler bahasa Inggris dan Mandarin. Akan tetapi bahasa Spanyol Ini adalah bahasa yang paling banyak digunakan di dunia (dalam hal penutur asli), dan dituturkan dalam kapasitas resmi di 20 negara yang berbeda.

Bahasa ini juga bahasa dengan pengaruh luas di banyak tempat berbeda di seluruh dunia. Misalnya, banyak organisasi internasional menggunakan bahasa Spanyol sebagai bahasa resmi, seperti PBB, Uni Eropa, dan WTO.

Faktanya, negara-negara seperti Meksiko dan Kolumbia, bekas koloni Spanyol, memiliki lebih banyak penutur asli bahasa Spanyol daripada Spanyol itu sendiri, di mana dialek seperti Catalan dan Basque juga digunakan.

5.      Prancis

Bahasa Perancis

Bahasa Roman Prancis dituturkan oleh sekitar 280 juta orang di seluruh dunia. Secara historis, bahasa Prancis diadopsi oleh kelompok Frank Jerman yang menyerang, dan dipengaruhi oleh unsur-unsur Jermanik, Latin, dan bahasa Galia.

Pernahkah Anda mendengar istilah “lingua franca”? Lingua franca merupakan bahasa penghubung yang dituturkan oleh banyak orang di berbagai wilayah sehingga menjadi bahasa diplomatik yang diterima. Saat ini, lingua franca seluruh dunia adalah bahasa Inggris. Namun, lingua franca sebenarnya memiliki arti harfiah “bahasa Prancis”. Kita mengetahui banyak hal tentang Kerajaan Inggris, tetapi cenderung lupa bahwa Prancis juga memiliki imperium kolonial yang mengesankan. Imperium kolonial Prancis lebih berpusat di sekitar Afrika dan beberapa wilayah Amerika Selatan dan sejumlah pulau Oseanik, tetapi wilayahnya cukup besar sehingga, pada masa tertentu, bahasa Prancis adalah bahasa pilihan ketika bertemu dengan seseorang dari negara lain

Selain asalnya di Prancis, bahasa Prancis juga digunakan di Belgia, Luksemburg, Swiss, Kanada, Pantai Gading, Mali, dan Haiti. Bahasa Prancis adalah bahasa kedua yang umum atau bahkan kadang-kadang bahasa pertama di banyak negara Afrika karena kolonisasi ekstensif di sana.

6.      Bahasa Arab 

Bahasa Arab

Bahasa Arab Standar adalah bagian dari bahasa Semit yang berasal dari Jazirah Arab. Suku nomad di Jazirah Arab memfasilitasi penyebaran bahasa ini saat mereka berpindah dari satu daerah ke daerah lain.

Pengaruh Arab paling mendalam pada negara-negara yang dikuasai oleh islam. Arab adalah sumber kosakata utama untuk bahasa yang berbagai seperti bahasa Berber, Kurdi, Persia, Swahili, Urdu, Hindi, Turki, Melayu, dan Indonesia, baik juga seperti bahasa lain di negara di mana bahasa ini adalah dituturkan. Contohnya perkataan Arab untuk buku /kita:b/ digunakan dalam semua bahasa di atas, kecuali pada bahasa Melayu dan Indonesia (secara spesifik yang dimaksudkan adalah "buku agama").

Bahasa Arab telah memberi banyak kosakata kepada bahasa lain dari dunia Islam, sama seperti peranan Latin kepada kebanyakan bahasa Eropa. Semasa Abad Pertengahan bahasa Arab juga merupakan alat utama budaya, terutamanya dalam sains, matematika, dan filsafat, yang menyebabkan banyak bahasa Eropa turut meminjam banyak kosakata dari bahasa Arab.

Bahasa Arab digunakan secara luas di Timur Tengah dan beberapa negara Asia, termasuk Uni Emirat Arab, Irak, Arab Saudi, Yaman, Sudan, Qatar, Afghanistan, Iran, dan Indonesia. Ada juga banyak dialek bahasa Arab selain bahasa Arab Standar yang digunakan di berbagai daerah. Jika semua dialek itu dimasukkan ke dalam hitungan, jumlah penutur bahasa Arab lebih tinggi dari 274 juta.

7.      Bengali

Bahasa Bengali

Bahasa ini adalah Indo-Arya dan diturunkan dari dialek Sanskerta dan Magadhi Prakrit yang digunakan di Bengal. Bengali adalah bahasa resmi di Bangladesh dan digunakan secara luas di India dan Sierra Leone serta di Inggris, AS, dan Timur Tengah.

Bahasa Bengali dibagi menjadi dua dialek sosial yakni, yang disebut sebagai Shadhu Bhasa (yakni bahasa standar) yang didasarkan pada dialek kota Kolkata, sedangkan Cholit Bhasa adalah bahasa non-standar yang tergantung pada wilayah tutur Bahasa itu sendiri. Di Bangladesh, bahasa Bengali didasarkan pada dialek yang dipakai di kota Dhaka.

Istilah Bengali adalah istilah Inggris untuk menjabarkan bahasa dan masyarakat wilayah Bengala. Berasal dari kata Vanga yang kemudian berubah menjadi Bangalaah oleh lidah Persia, kemudian menjadi Bengali (dalam lafal setempat diucapkan sebagai Benggoli). Kata Bangla pun kini diterima sebagai istilah baku, sedangkan masyarakat setempat menyebut wilayahnya dengan istilah Bongo. Kini Tanah Bengali terbagi menjadi dua wilayah, yakni Poschim Bongo (Bengal Barat) dan Purbo Bongo (Bangladesh).

8.      Rusia

Bahasa Rusia

Bahasa Rusia adalah Slavia, dari keluarga linguistik Indo-Eropa. Ini dikembangkan dari dialek Polania, yang populer di Kyiv, ibu kota negara Slavia Timur pertama 1.000 tahun yang lalu, Kyivan Rus. Bahasa Rusia adalah bahasa resmi Rusia dan juga digunakan di Ukraina, Latvia, Armenia, Kazakhstan, Uzbekistan, dan Lituania, negara-negara bekas Uni Soviet.

Bahasa Rusia adalah bahasa resmi Federasi Rusia. Bahasa Rusia juga ditetapkan sebagai bahasa resmi di Kazakhstan, Kirgizstan, dan Belarus. Selain itu, bahasa ini juga menjadi bahasa resmi secara de facto di Abkhazia dan Ossetia Selatan. Bahasa Rusia juga dipakai sebagai bahasa pengantar di 97% sekolah di Rusia, 75% di Belarus, 41% di Kazakhstan, 25% di Ukraina, 23% di Kirgizstan, 21% di Moldova, 7% di Azerbaijan, 5% di Georgia, serta 2% di Armenia dan Tajikistan.

9.      Portugis

                                            Bahasa Portugis

Bahasa Portugis adalah bahasa kesembilan yang paling umum digunakan di dunia. Bahasa Portugis adalah bahasa Roman yang berkembang di wilayah barat Semenanjung Iberia (sekarang Portugal dan Spanyol). Ini adalah bahasa resmi di Portugal serta Angola, Brasil, Cape Verde, Timor Leste, Mozambik, dan Guinea-Bissau sebagai hasil dari penjajahan Portugis.

Bahasa Portugis menyebar ke penjuru dunia pada abad ke-15 dan abad ke-16 saat Portugal menciptakan kerajaan kolonial dan perdagangan pertama dan yang terlama di dunia pada zaman modern (1415–1975), dari Brasil di Amerika hingga Makau di Tiongkok. Hasilnya, bahasa Portugis kini adalah bahasa resmi di beberapa negara dan dituturkan atau dipelajari secara luas sebagai bahasa kedua di banyak negara lainnya.

Hingga kini masih terdapat lebih dari 20 macam dialek Portugis. Portugis adalah bahasa minoritas yang penting di Andorra, Luksemburg dan Namibia. Komunitas imigran berbahasa Portugis yang besar terdapat di banyak kota di seluruh dunia, termasuk Paris di Prancis dan Boston, New Bedford (di Massachusetts), Cape Cod, dan Newark (di New Jersey) di Amerika Serikat.

10.  Bahasa Indonesia

                    

BAHASA

Bahasa Indonesia adalah dialek Bahasa Melayu dan satu-satunya dari rumpun bahasa Austronesia yang muncul dalam daftar sepuluh bahasa yang paling banyak digunakan. Selama berabad-abad digunakan di kepulauan Indonesia sebagai Lingua Franca, yang berarti bahasa yang digunakan penutur asli dari berbagai bahasa untuk berkomunikasi.

Pada tahun 1945, ketika Indonesia dinyatakan merdeka dari Belanda, bahasa Indonesia menjadi bahasa resmi negara. Biasanya mendengar dan melihat bahasa Indonesia di daerah perkotaan yang lebih besar, sedangkan daerah pedesaan dan kota cenderung menggunakan satu atau lebih bahasa daerah negara tersebut.

 

Walaupun kita menguasai banyak bahasa Negara lain, bahasa Negara kita atau bahasa dari suku kita harus tetap kita jaga dan wariskan kepada Anak cucu supaya bahasa kita tidak hilang. Ajari anak cucu kita berbagai macam bahasa dengan tidak melupakan bahasa asli kita. Banyak bahasa Pribumi terancam punah karena kurangnya penutur asli untuk membuatnya tetap berkembang, dan dominasi bahasa seperti Inggris atau Spanyol.

 

Posting Komentar untuk "10 BAHASA PALING BANYAK DI GUNAKAN DI DUNIA"