Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

ANALISIS MAKNA PUISI AKU BERKACA KARYA CHAIRIL ANWAR

 

Analisis Makna Puisi Aku Berkaca

Aku Berkaca
Karya: Chairil Anwar


Ini muka penuh luka 
Siapa punya?
 
 Kudengar seru menderu dalam hatiku
 Apa hanya angin lalu?
 
Lagu lain pula
Menggelepar tengah malam buta
 
Ah...!!!
Segala menebal,
segala mengental
Segala tak kukenal....!!
Selamat tinggal.....!

 

Makna Puisi :

Ini muka penuh luka 

Siapa punya?

Disini Chairil Anwar mengungkapkan bahwa kegiatan bercermin memberinya gambaran diri.  Di mana realitas yang ditampakkan pada cermin kepada dirinya ternyata Berbeda dari yang diharapkan, yaitu muka yang penuh luka disini memilki kiasan tentang Kehidupan yang kelam selama ini yang penuh dengan dosa, luka, penderitaan dan Keburukan. Kondisi tersebut sepertinya bukanlah seperti yang diharapkan oleh Penulis. 


Ku dengar seru menderu

Dalam hatiku

Apa hanya angin lalu?

Ini merupakan sebuah seruan dalam hati. Yang mempertanyakan bahwa  perbuatan atau pengalaman masa lalu yang kerap muncul , sehingga selalu menjadi beban di pikiran. Dalam kondisi tersebut, apakah seruan tersebut memiliki arti atau seruan tiada makna. Sehingga menimbulkan keraguan dalam hatinya sendiri.


Lagu lain pula

Menggelepar tengah malam buta 

Dan Ketika malam tiba dan malam semakin larut, kesunyian semakin mencekam kegelisahan datang menghampiri dan berbagai masalah muncul dalam benak pikiran sehingga menimbulkan perasaan yang tidak tenang. Beban pikiran semakian banyak dan menimbulkan berbagai pertanyaan yang semakin membuat mata pun menjadi sulit terpejam.


Ah...!!!

Segala menebal,

segala mengental

Segala tak kukenal....!!

Selamat tinggal.....!

Pada bait – bait  terkhir ini menggambarkan sesuatu yang tidak ia mengerti dan tak ia pahami, semua terasa begitu asing baginya. Selamat tinggal adalah bentuk sikap yang ia pilih karena pada akhirnya ia pun memilih untuk mengabaikan semuanya, dan tidak menghiraukan lagi apa yang ada di dalam pikirannya. Atau kata 'selamat tinggal' dalam baris puisi ini memiliki dua makna. Meninggalkan kondisi yang sekarang dan beralih dengan harapan yang baru di masa depan. Atau dapat juga diartikan sebagai sebuah keputusasaan dengan kondisi yang dialami sekarang. Tapi disini saya lebih cendrung memilih meninggalkan kondisi sekarang dan beralih dengan harapan yang baru di masa yang akan Datang.

Sekian penjelasan makna puisi Aku Berkaca karya Charil Anwar.

Posting Komentar untuk "ANALISIS MAKNA PUISI AKU BERKACA KARYA CHAIRIL ANWAR"