Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Para Milliarder Dunia yang Dermawan

 

Sosok para miliarder berikut ini membuat kagum hampir semua orang. Para Miliarder ini dikagumi karena komitmennya menjadi seorang yang dermawan secara total. Harta mereka disumbangkan untuk kegiatan-kegiatan sosial, pendidikan hingga kesehatan. Mungkin ini terjadi untuk mengatasi ketidakseimbangan, dan mungkin juga untuk meningkatkan reputasi mereka saat mendekati masa tuanya, beberapa pebisnis terkaya memilih untuk menyumbangkan hampir seluruh hartanya. Apa pun motivasi mereka yang pasti mereka telah berbuat baik untuk kepentingan sesama. Mereka masih peduli dengan para kaum yang kurang beruntung. Dan berikut nama para miliarder yang dermawan :


Michael Dell

Michael Dell adalah pendiri perusahaan komputer Dell, Inc Dia menciptakan salah satu perusahaan komputer yang paling menguntungkan di dunia dengan penjualan tahunan sampai $ 50 miliar dolar Amerika. Dell juga menjadi salah satu orang terkaya di dunia dengan daftar posisi ke-4 dalam daftar Forbes kaya Amerika pada tahun 2005 dengan estimasi senilai $ 18 miliar.

Michael Saul Dell dilahirkan pada tanggal 23 Februari 1965 di Houston ke ortodontis ayah dan ibu yang bekerja sebagai manajer uang. Dell tertarik pada komputer dari usia yang sangat muda dan sudah menarik mereka terpisah pada usia 15. Dia kuliah di University of Texas dengan harapan untuk menjadi dokter namun studi ditinggalkan untuk memulai usaha sendiri di baru 19 tahun.

Dengan hanya satu ribu dolar di saku Dell mulai "PC's Limited" pada tahun 1984. Dari asrama universitas kamarnya Dell mulai membangun dan menjual komputer pribadi dari komputer bagian saham. Ide yang mengatur pengusaha muda terpisah dari orang lain adalah menjual langsung kepada pelanggan, bukan melalui pihak ketiga untuk menjual produknya.

Saat masih mahasiswa Kedokteran di University of Texas di Austin, Dell mendirikan PC's Limited, sebuah bisnis informal yang menjual perangkat upgrade kepada teman-teman sekelasnya untuk komputer pribadi mereka. Delapan tahun berkembang pesat dan menjadi Dell Computer Corporation. Dell menjadi CEO termuda menurut Fortune 500, ia baru berusia 27 tahun.

Dell mengundurkan diri dari perannya sebagai CEO di Dell Inc pada tahun 2004 tetapi tetap menjadi Ketua Dewan.

Dell bersama istrinya mengelola Michael & Susan Dell Foundation. Yayasan ini mendukung proyek-proyek berkaitan dengan pendidikan perkotaan, kesehatan anak dan ekonomi keluarga, serta memberikan bantuan saat krisis. Ia telah menyumbangkan US$2 miliar untuk kegiatan filantropis selama masa hidupnya, sekitar 9 persen dari kekayaan bersihnya.

 


Phil Knight

Philip Hampson Knight, adalah seorang pengusaha miliarder Amerika. Dia adalah salah satu pendiri dan ketua emeritus Nike, Inc., dan sebelumnya adalah ketua dan CEO perusahaan. Pria kelahiran 24 Februari 1938 (usia 83 tahun), Portland, Oregon, Amerika. Suami dari Penny Knight Pada 23 Juli 2020, Knight dinobatkan oleh Forbes sebagai orang terkaya ke-26 di dunia, dengan perkiraan kekayaan bersih US $ 39,2 miliar dan menurut pada tahun 2021 ini kekayaan Phil Knight mencapai US $  50,7 Miliar

Kekayaannya lahir dari kecintaannya berlari. Ia seorang pelari dan mahasiswa University of Oregon (UO) pada 1950-an. Knight mendirikan bisnis pakaian olahraga bernama Blue Ribbon Sports pada 1964. Bisnis ini berkembang menjadi Nike, pemasok sepatu sport dan pakaian terbesar di dunia.

Knight seorang dermawan yang telah menyumbangkan US$3 miliar untuk tujuan amal, 10 persen dari kekayaan pribadinya US$30 miliar. Almamaternya Stanford University dan UO, tim olahraga Oregon Ducks dan Knight Cancer Institute di Oregon Health and Science University, ia sumbang lebih dari US$600 juta. Pada 2016, ia memberikan saham Nike senilai US$112 juta kepada berbagai badan amal.

 


Michael Bloomberg

Michael Rubens Bloomberg adalah pendiri Bloomberg L.P., multi-miliarder dan wali kota di New York City dari 2002 sampai 2014. Ia adalah mitra umum di Salomon Brothers sebelum mendirikan perusahaan layanan perangkat lunak finansial tahun 1981. Politikus ini adalah anggota Partai Demokrat selama beberapa tahun, tetapi kemudian berpindah ke Partai Republikan pada tahun 2001, dan dalam partai itulah, ia menjadi wali kota di New York. Ia dipilih kembali pada tahun 2005.

Pada 1981, Bloomberg di-PHK dari perusahaan investasi. Meski tidak menerima pesangon, ia mengambil US$10 juta dalam ekuitas, menggunakan dana untuk mengatur penyedia berita dan informasi keuangan. Kekayaannya meroket. Pada tahun 2009, dalam 12 bulan kekayaannya bertambah. Hari ini, kekayaannya diperkirakan bernilai US$50 miliar.

Dia selalu menjadi filantropis dan mendirikan yayasan sendiri yang fokus pada masalah lingkungan, pendidikan, dan seni, pada 2009. Januari 2014, ia mendirikan Vibrant Oceans senilai US$53 juta yang mendukung penciptaan dan pemeliharaan populasi ikan berkelanjutan di seluruh dunia. Bloomberg telah menyumbangkan total US$6 miliar untuk amal atau 12 persen dari kekayaan bersihnya.

 


Bill Gates

William Henry "Bill" Gates III (lahir di Seattle, Washington, 28 Oktober 1955; umur 65 tahun) adalah seorang tokoh bisnis, investor, filantropis, penulis asal Amerika Serikat, serta mantan CEO yang saat ini menjabat sebagai ketua Microsoft, perusahaan perangkat lunak yang ia dirikan bersama Paul Allen. Ia menduduki peringkat tetap di antara orang-orang terkaya di dunia dan menempati peringkat pertama sejak 1995 hingga 2009, tidak termasuk 2008 ketika ia turun ke peringkat tiga.

Gates termasuk salah seorang pengusaha revolusi komputer pribadi terkenal di dunia. Meski demikian, taktik bisnisnya dikritik karena dianggap anti-kompetitif. Pada tahap-tahap akhir kariernya, Gates melakukan beberapa usaha filantropi dengan menyumbangkan sejumlah besar dana ke berbagai organisasi amal dan program penelitian ilmiah melalui Bill & Melinda Gates Foundation yang didirikan tahun 2000.

Bill Gates mengundurkan diri dari jabatannya sebagai pejabat eksekutif tertinggi di Microsoft pada bulan Januari 2000. Ia masih menjabat sebagai ketua dan membentuk jabatan kepala arsitek perangkat lunak. Pada Juni 2006, Gates mengumumkan bahwa ia akan bekerja paruh waktu di Microsoft dan purna waktu di Bill & Melinda Gates Foundation. Ia melimpahkan secara bertahap semua pekerjaannya kepada Ray Ozzie, kepala arsitek perangkat lunak, dan Craig Mundie, pejabat riset dan strategi tertinggi Microsoft. Hari kerja purna waktu terakhir Gates di Microsoft adalah 27 Juni 2008. Saat ini, ia masih bekerja di Microsoft sebagai ketua non-eksekutif.

Nasib Bill Gates sebagai raja teknologi ditetapkan ketika saat berusia 13 tahun, ia menerima komputer dari General Electric untuk membantunya mempelajari Kode Instruksi Simbolik Serba Guna Pemula. Gates langsung terpikat. Ketertarikannya berlanjut hingga ia menemukan Microsoft pada 1975.

Ia telah memberikan US$41 miliar atau 46 persen dari total kekayaannya. Angka ini hampir dua kali lipat jika Gates memenuhi janjinya pada 2010 untuk menyumbangkan 95 persen kekayaannya sebelum dia meninggal.

 


Warren Buffett

Warren Edward Buffett atau sering dikenal dengan sebutan Warren Buffett, salah satu orang terkaya di dunia merupakan orang yang gemar bersedekah. Tahun 2006, ia menyumbangkan 80% dari kekayaannya atau sebesar US$ 31 milyar untuk membantu sesama melalui yayasan kemanusiaan milik Bill & Melinda Gates Foundation.

Jumlah sumbangan amal Warren Buffett tercatat sebagai sumbangan terbesar dalam sejarah Amerika. Dan meskipun 80% hartanya disumbangkan, beberapa tahun terakhir ini Warren Buffett kembali menjadi salah satu orang terkaya di dunia.

Dengan hartanya yang begitu melimpah, Warren Buffett bisa saja hidup semewah mungkin di mana saja yang ia maui. Namun ia memilih hidup sederhana di rumah yang dibelinya empat dekade lalu di Omaha.Menurut majalah Adbuster, ia hanya punya dua jet pribadi dan satu yacth mewah untuk ber-glamour-ria. Kalah jauh dibanding kemewahan para pebisnis dan pesohor lain yang kekasayaannya justru terpaut jauh di bawahnya.

Kepekaan bisnis Buffett menjadikannya jutawan pada 1962 setelah menggabungkan sejumlah mitra menjadi satu perusahaan induk Berkshire Hathaway. Dia menjadi miliarder pada 1990, ketika perusahaannya menjual saham Kelas A. Kini, Buffett orang terkaya ketiga di dunia dengan kekayaan pribadi US$84 miliar.

dan masih banyak lagi para milliarder dunia yang memiliki sikap dermawan. mereka merukan contoh bagi kita, walaupun memiliki kekayaan yang sangat melimpah mereka masih peduli sesama dan berbagi. jadi jangan mau kalah dengan mereka. berbagilah walaupun sekecil apapun. karena tidak ada orang miskin karena berbagi.

Posting Komentar untuk "Para Milliarder Dunia yang Dermawan"