Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

PESAWAT KOMERSIL DENGAN KECEPATAN DUA KALI KECEPATAN SUARA


PESAWAT KOMERSIL DENGAN KECEPATAN 2 X KECEPATAN SUARA

Pernahkah dari kita membayangkan menaiki pesawat penumpang dengan kecepatan super?? Ia dengan kecepatan dua kali kecepatan suara?? Mungkin sayapun tidak akan berani untuk mencobanya. pada sekitar tahun 70an lalu ada pesawat comersil yang menyediakan layananan penerbangan dengan kecepatan dua kali kecepatan suara yang di operasikan oleh maskapai British Airways dan Air France . Ya, Concorde namanya, Concorde memiliki kecepatan jelajah 2,04 Mach (kecepatan suara) dan ketinggian terbang hingga 60.000 kaki (17.700 meter) dengan konfigurasi sayap delta dan evolusi mesin yang dilengkapi dengan mesin jet afterburner awalnya dikembangkan untuk pesawat pengebom strategis (bomber) Avro Vulcan. Penerbangan komersial yang dioperasikan oleh British Airways dan Air France ini dimulai pada 21 Januari 1976 dan berakhir pada 24 Oktober 2003, dengan penerbangan terakhir pada 26 November tahun 2003.

Concorde ini merupakan pesawat yang unik dan Salah satu keunikan dari pesawat ini terletak pada bagian hidungnya yang dapat dibengkokkan. Sekilas pembengkokkan hidung Concorde hanya seperti aksesoris saja.Namun ternyata, penekukan hidung ini (sudut penekukannya 12,5 derajat hingga 30 derajat) perlu dilakukan saat hendak mendarat agar hidung Concorde tidak menghalangi pandangan pilot ke arah landasan lapangan terbang dibawah.

Pesawat Concorde akan mengeluarkan suara menggelegar yang disebut SONIC BOOM. Jika terjadi di atas daratan yang penuh dengan perumahan, pengaruh sonic boom dapat memecahkan kaca-kaca jendela rumah. Makanya, Concorde hanya diperbolehkan terbang dengan kecepatan luar biasa tersebut ketika sudah berada di atas Samudera Atlantik. Saat Concorde masih terbang di atas daratan Eropa dan Amerika, Concorde melaju dengan menggunakan kecepatan pesawat biasa, yaitu 600 km/jam.

Penerbangan dengan menggunakan pesawat concorde ini sangat menghemat waktu sehingga mulai di munculkan pada tahun 1976 oleh British Airways, pesawat ini semakin terkenal di kalangan orang berduit. Hal ini dikarekan semakin singkatnya perjalanan luar Negeri yang hampir menghemat waktu setengah dari perjalanan biasa. Sebagai contoh Penerbangan London ke New York dengan menggunakan pesawat komersil biasa waktu tempuh 7 jam, dengan menggunakan Pesawat concorde waktu tempuh hanya 3 setengah jam saja.

Akan tetapi dengan Kecepatan super pesawat ini pastinya sebanding dengan biaya yang ditimbulkan. Hal inilah salah satu yang menyebabkan berhentinya penggunaan Pesawat ini. Dalam hal ini kami merinci menjadi beberapa sebab terhentinya operasional concorde  yakni :

1.      Pengeluaran Bahan Bakar yang sangat tinggi,

Pesawat ini tidak mampu terbang lebih dari 7000 km sedangkan Boing 747 mampu terbang dengan jarak 14000 km. Belum lagi biaya perawatan rutin harian dan bulanan yang juga sangat besar.

2.      Mahalnya Tiket

Pesawat Concorde hanya mampu membawa Penumpang 144 Orang saja sedangakan 747 bisa mencapai 400 orang, sehingga untuk menyesuaikan Cost yang ditimbulkan maka Harga tiketnya pun mencapai $ 12000

3.      Banyaknya Demo dari Aktifis lingkungan untuk menentang Penggunaan Bahan Bakar Concorde yang Besar, Aktifis selalu menunggu dibandara untuk menentang kehadiran Concorde, sehingga sering mengganggu penerbangan.

4.      Banyaknya Negara yang melarang kehadiran Concorde untuk terbang di wilayah udaranya, karena adanya efek dari Sonic Boom.  Sonic Boom Merupakan gerakan suatu benda yang kecepatannya melebihi kecepatan suara. Akibat yang ditimbulkan dari Sonic Boom ini dapat menyebabkan pencemaran Suara  dan dapat memecahkan kaca dan bangunan rumah.

5.      Jatuhnya Pesawat Concorde Air Franch

Concorde Air Franc pernah mengalami kecelakaan pada 25 Juli 2000. Hal itu membuat orang-orang menyadari rentannya pesawat supersonik. Akhirnya, ditambah dengan mahalnya biaya operasional, sejak tahun 2003 pesawat Concorde tidak terbang lagi dan kedua maskapai yang mengoperasikannya (Air France dan British Airways) memensiunkan pesawat ini dari jajaran armadanya dan mengakhiri era penerbangan supersonik. Selama 20 tahun pertama penerbangan komersialnya, Concorde mengangkut 3,7 juta penumpang.Total jam terbang dari keseluruhan 13 pesawat Concorde yang ada sekarang sudah lebih dari 200.000 jam terbang.




Meski tidak beroperasi lagi tapi beberapa tahun ini ada beberapa perusahaan yang menjanjikan penerbangan yang lebih cepat dan lebih aman dari Concorde serta harga yang terjangkau. Banyangkan terbang dari Surabaya ke Hongkong hanya butuh waktu 2 Jam atau dari Jakarta ke Tokyo 3 Jam. Hal ini tidak sampai setengahnya dari penerbangan komersial saat ini. Hal inilah yang ditawarkan oleh perusahaan penerbangan yang bermarkas di Denver Colorado Amerika Serikat yaitu Perusahaan yang bernama  Boom

Rencananya perusahaan ini akan melayani penumpang pada tahun 2023 atau sekitar 2 tahun lagi. Boom ini memiliki kecepatan 2300 Km/Jam atau lebih cepat sedikit dari pada pesawat pendahulunya yakni concorde. Perusahaan baru ini menargetkan dapat memangkas cost yang ditimbulkan dari operasionalnya pesawat baru ini. Jadi kita tunggu saja ya kehadiran pesawat ini di operasikan di Indonesia ya sobat, sapa tau kita bisa menaiki pesawat ini. hehehe

Sumber APHD dan dari Berbagai Sumber

1 komentar untuk "PESAWAT KOMERSIL DENGAN KECEPATAN DUA KALI KECEPATAN SUARA"