Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

5 KAMPUS SWASTA TERBAIK DI SUMATERA UTARA

 

Pada tanggal 29 Maren 2022 Kemaren telah diumumkan hasil SNPTN dengan  Berdasarkan hasil Rapat Seleksi dan Alokasi Penerimaan Mahasiswa Baru Jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2022 pada tanggal 26-28 Maret 2022. Pengumuman dilakukan melalui laman https://pengumuman-snmptn.ltmpt.ac.id, dengan cara memasukkan Nomor Pendaftaran SNMPTN 2022 dan Tanggal Lahir Peserta sesuai dengan data diri yang telah teregistrasi pada sistem LTMPT. Bagi Adek – adek yang tidak lulus, jangan berkecil hati. Karena tidak lulus SNMPTN bukan akhir dari segalanya. Lulus SNMPTN tidak bisa menjamin kita dalam meraih kesuksesan, toh sudah banyak orang yang sukses dari universitas swasta. Disini saya akan merangkum universitas swasta terbaik di Sumatera Utara.

KAMPUS UMSU

1.       Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) didirikan di Medan pada tanggal 27 Februari 1957 yang berkedudukan di kota Medan Propinsi Sumatra Utara. Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, didirikan atas prakarsa beberapa tokoh ulama Muhammadiyah, HM Bustami Ibrahim, D. Diyar Karim, Rustam Thayib, M. Nur Haitami, Kadiruddin Pasaribu, Dr. Darwis Datuk Batu Besar, H. Syaiful UA, Abdul Mu ' thi dan Baharuddin Latif.

UMSU yang sekarang ini bermula dari lahirnya fakultas Falsafah dan Hukum Islam Muhammadiyah (FAFHIM) yang kemudian menjadi Perguruan Tinggi Muhammadiyah (PTM) Sumatra Utara pada tahun 1968, mengasuh 3 (tiga) fakultas: (1) Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP), (2) Fakultas Ilmu Agama Jurusan Dakwah (FIAD), dan (3) Fakultas Syariah

UMSU memilliki filosofi yaitu "Wacana Keilmuan dan Keislaman" dalam penyelenggaraan dan pengembangan institusi pendidikannya. Dalam penyelenggaraan dan pengembangan tersebut, UMSU berusaha mengintegrasikan antara nilai-nilai keilmuan keislaman sehingga mampu menumbuhkan kepribadian yang menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi yang dijiwai oleh nilai-nilai keislaman.

Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara bertempat di Jalan Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II, Kec. Medan Tim., Kota Medan, Sumatera Utara 20238. Pada tahun 2020 UMSU terakreditasi dengan Nilai A, memiliki jumlah Dosen 585 orang dengan Jumlah Mahasiswa 20.406 orang. UMSU memiliki Program Studi berakreditasi A sebanyak 11 Program Studi dan 23 Program Studi Teraktreditasi B.

KAMPUS UNPRI

2.       Universitas Prima Indonesia

Universitas Prima Indonesia adalah salah satu perguruan tinggi swasta yang berada di Medan, Sumatera Utara, Indonesia. Universitas ini didirikan pada tahun 2001 sebagai Akademi Keperawatan dan Akademi Kebidanan Prima dan pada tahun 2002 berganti nama menjadi Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Prima Husada Medan dan pada tahun 2005 menjadi Universitas Prima Indonesia.

Universitas Prima Indonesia didirikan oleh dr. I Nyoman Ehrich Lister, M.Kes, AIFM (Lie Eng Kun). Cikal Bakal Universitas Prima Indonesia bermula dari Akademi Keperawatan dan Akademi Kebidanan Prima Medan yang didirikan pada tahun 2001, kemudian pada tahun 2002 berkembang menjadi Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Prima Husada Medan. Pada tahun 2005, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Prima Husada Medan berkembang menjadi Universitas Prima Indonesia. 

Universitas Prima Indonesia memiliki 4 kampus yang beralamat  Jalan Sampul, Medan, Sumatera Utara, Indonesia, Indonesia ( Kampus Utama) Kampus Kedua = Jalan Belanga No. 1, Medan. Kampus Ketiga dan Asrama Mahasiswa = Jalan Danau Singkarak Gg. Madrasah, Medan. Kampus Keempat = Jalan Brigjen. Katamso, Medan. Kampus ini memiliki 473 Orang Dosen tetap. UNPRI memiliki 28 Program Studi dengan 1 Program Studi terakreditas A dan sisanya terkakreditasi B. UNPRI berafiliasi dengan Rumah Sakit Internasional Royal Prima, Rumah sakit Gigi dan Mulut Prima Indonesia.

KAMPUS UHN

3.       UNIVERSITAS HKBP NOMENSEN

Universitas HKBP Nommensen (UHN) adalah sebuah universitas di Medan, provinsi Sumatra Utara, Indonesia. Universitas ini didirikan pada 7 Oktober 1954. Namanya diambil dari nama Ingwer Ludwig Nommensen, seorang penyebar agama Kristen Protestan di antara suku Batak di Sumatra Utara pada akhir abad ke-19. Selain di Medan, universitas ini juga mempunyai kampus di Pematangsiantar. Universitas ini menyelenggarakan hubungan kerja sama International dengan Universitas - Universitas terbaik di Asia, Eropa dan Amerika, baik kerjasama dalam bidang Student Exchange (Pertukaran Pelajar), Studi banding Dosen, Join Research, Scholarship dan kerjasama akademik lainnya, di bawah kendali Kantor Urusan International (Office of International Affairs-OIA) Universitas HKBP Nommensen.

Universitas HKBP Nommensen berada di jalan Sutomo No.4A, Perintis, Kec. Medan Tim., Kota Medan, Sumatera Utara 20235. Kampus ini memiliki Dosen tetap sebanyak 357 Orang dengan Jumlah mahasiswa 14.529 orang. Universitas HKBP Nommensen memiliki 28 Program studi yang berakreditasi B.

KAMPUS UISU


4.      Universitas Islam Sumatera Utara

Universitas Islam Sumatera Utara (UISU) didirikan pada tanggal 7 Januari 1951, merupakan perguruan tinggi pertama dan tertua yang berdiri di luar pulau Jawa, yang dipelopori oleh oleh tokoh pemuda pemudi islam saat itu, yaitu Bahrum Djamil, Adnan Benawi, Sariani AS, Rivai Abdul Manaf Nasution, dan Sabaruddin Ahmad. UISU pada mulanya membuka kelas persiapan Akademi Islam Indonesia (setara dengan kelas III SMA bagian A) dan selanjutnya dengan dukungan Bapak Abd. Hakim (Gubernur Sumatra Utara saat itu) dan Bapak K.H. A. Wahid Hasyim (Menteri Agama saat itu) Akademi Islam Indonesia diubah menjadi Perguruan Tinggi Islam Indonesia (PTII) dan dimulailah peresmian kegiatan perkuliahan pertama pada 7 Januari 1952 pada Fakultas Hukum dan Ilmu Kemasyarakatan. Selanjutnya tanggal 7 Januari 1952 Miladiah bertepatan 9 Rabiul Awal 1371 Hijriah dijadikan sebagai hari jadi PTII yang selanjutnya berubah menjadi Universitas Islam Sumatera Utara dan mendapatkan pengesahan dari Mendikbud RI No. 0677/U/1977 tanggal 31 Desember 1977. Dengan perjuangan dan tekad yang kuat dari seluruh sivitas akademika UISU dan dukungan dari pemerintah, ulama dan masyarakat, saat ini UISU mengelola 9 Fakultas dan 26 Program Studi S-1, 3 Program Studi S-2, dan 1 Program Studi S-3 Ilmu Ekonomi dan Kebijakan kerjasama UISU dengan UII Jogjakarta.

UISU tertelak di jalan Sisingamangaraja No.Kelurahan, Teladan Bar., Kec. Medan Kota, Kota Medan, Sumatera Utara 20217. UISU memiliki Dosen tetap sebanyak 342 dengan mahasiswa sebanyak 7.745 (data dikti 2019/2020), UISU memiliki 25 Program Studi dengan Akreditasi B dan 1 diantaranya Akreditasi A.


KAMPUS MEDAN AREA

5.       Universitas Medan Area

Universitas Medan Area atau yang kerap disingkat Uma adalah perguruan tinggi swasta di Jalan Setia Budi, Medan, Sumatera Utara. Haji Agus Salim Siregar merupakan pendiri Universitas Medan Area pada tahun 1983. Mencerdaskan kehidupan bangsa dan menjadi wadah penampungan aspirasi masyarakat yang terus berkembang sebagai wujud penjabaran UUD 1945 melatarbelakangi berdirinya Universitas Medan Area. Pemilihan nama universitas “Medan Area” dipilih sebagai penghargaan untuk para “Pejuang Medan Area” yang berupaya mempertahankan kemerdekaan pada tahun 1945.

Universitas Medan Area memulai tahun akademik pertamanya pada 1983/1984 dengan membuka lima fakultas, yakni Fakultas Pertanian, Fakultas Ekonomi (FE), Fakultas Teknik (FT), Fakultas Hukum (FH), dan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP). Kelima fakultas yang berdiri mendapatkan status izin operasional dalam menyelenggarakan program pendidikan jenjang S1. Status operasional tersebut tercantum dalam Surat Keputusan Mendikbud RI Nomor 054/0/1984. Di tahun akademik berikutnya, tahun 1985/1986 Universitas Medan Area kembali membuka fakultas baru, yakni Fakultas Psikologi yang pertama di luar pulau Jawa. Kemudian di tahun akademik 1988/1989, perguruan tinggi swasta yang berlokasi di Medan ini kembali membuka fakultas baru, yakni Fakultas Biologi.

Seiring berjalannya waktu, Universitas Medan Area resmi mendapatkan akreditasi “B” secara institusi pada tahun 2018. Hal tersebut tertuang dalam Surat Keputusan Nomor 414/SK/BAN-PT/Akred/PT/XII/2018 oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT).

Universitas Medan Area hingga kini memiliki 7 fakultas dengan 16 program studi jenjang S1, 4 program studi jenjang S2, dan 1 program jenjang S3. Universitas Medan Area Lokasi: Jl. Setia Budi No.79 B, Tj. Rejo, Kec. Medan Sunggal, Kota Medan, Sumatera Utara 20112. UMA memiliki dosen tetap sebanyak 257 orang dengan Jumlah mahasiswa 15.178 orang. Pada tahun 2019/2020 Uma memiliki 5 Program studi terakreditasi A dan 14 Program Studi berakreditasi B.

Demikianlah informasi mengenai PTS terbaik di Provinsi Sumatra Utara. Sebenarnya banyak sekali kampus terbaik dan populer di Sumut, namun disini kami merangkum 5 Besar kampus terbaik. Adapun sumber data yang diperoleh dari  https://forlap.ristekdikti.go.id dan https://www.banpt.or.id Semoga bermanfaat

 

 

Posting Komentar untuk "5 KAMPUS SWASTA TERBAIK DI SUMATERA UTARA"