Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

CAMPERVAN ATAU MOTORHOME? BAGAIMANA PERKEMBANGANNYA DI INDONESIA

Campervan

Saat pagelaran Moto Gp di Mandalika Lombok kemaren ada yang menarik untuk disimak yakni seorang artis yang cukup terkenal memboyong keluarganya untuk menonton Balapan Moto GP menggunakan Campervan. Beliau menempuh jarak yang cukup jauh dari Bandung Jawa Barat menuju Lombok melalui jalur darat dengan jarak tempuh sekitar 1.300 Km menggunakan Campervan.  Sampai seorang menteripun merasa salut dengan beliau.

Sebeneranya apa sich Camper van itu? Trus apa Bedanya dengan Motohome? Lantas Bagaimana perkembangannya di Indonesia? Mari kita simak satu persatu

Campervan atau caravan adalah kendaraan yang bisa digunakan sebagai transportasi maupun akomodasi seperti rumah.  Modifikasinya memiliki beberapa perlengkapan untuk tidur bahkan memasak sehingga cocok untuk traveling maupun camping bersama keluarga.

Campervan (atau van kemping ), kadang-kadang disebut sebagai mobil kemping, karavan, atau rumah motor adalah kendaraan self-propelled yang menyediakan transportasi dan akomodasi untuk beristirahat. Istilah ini terutama menggambarkan van yang telah dipasang dengan bodi tambahan, sering kali dengan badan coach untuk digunakan sebagai akomodasi.

Sebenarnya agak sulit membedakan Campervan atau Motorhome karena perbedaan keduanya sangat tipis. Bahkan mobil campervan kadang disebut sebagai motorhome. Dan motorhome disebut Campervan.  

Yang sangat nyata perbedaannya mungkin terletak pada peruntukannya, umumnya campervan dilakukan untuk wisata camping singkat, sementara motorhome biasa untuk digunakan pada waktu yang lama. Bisa kita katakan untuk tempat hidup yang nomaden. Selain itu motorhome umumnya memiliki ukuran yang lebih besar, di dalamnya ada berbagai isi rumah. Bisa dikatakan fasilitas di rumah dipindahkan ke dalam mobil. Atau biasa kita sebut Rumah berjalan. Dari Segi Ukuran campervan ukurannya lebih kecil dibandingkan motorhome.

Beda campervan dan motorhome lainnya adalah pada motorhome umumnya juga sudah dilengkapi dengan dapur kecil lengkap dengan peralatan masak, sampai shower di dalam toilet. Seperti rumah dalam versi compact. Bahkan di dalamnya ada televisi, dan AC.

Motorhome juga punya juga punya ruang keluarga yang bisa disulap jadi tempat tidur. Ada juga ruang penyimpanan tambahan yang bisa diakses untuk kegiatan di luar kendaraan, misal rak sepeda atau bahkan motor. Sedangkan campervan umumnya peralatan-peralatan tersebut dibuat tidak permanen. Seperti kompor misalkan untuk penggunaan masak di luar mobil. Selain itu biasanya pengguna Campervan lebih memilih kamar umum untuk buang air besar atau pun kecil. Dengan kata lain pada campervan biasanya tidak perlu memerlukan toilet sebagai kelengkapan.

Perkembangan Campervan atau Motorhome di Indonesia

Di Indonesia sendiri, Pelan tapi pasti, antusias pecinta modifikasi motorhome dan campervan berkembang pesat di Indonesia.
Terlebih di tengah segala keterbatasan akibat merebaknya pandemi virus corona, berlibur seolah jadi tujuan bagi yang bosan beraktivitas di rumah. perubahan arah liburan dan pariwisata orang-orang yang sudah mulai sumpek dengan nuansa WFH atau adanya PSBB yang monoton. Disinilah fungsi motorhome dan campervan berperan serta.

Sekarang ini sudah banyak tempat penyewaan atau rental – rental Campervan, dimana kita bisa memilih mobil jenis apa dengan harga yang bervariasi tanpa harus memiliki dan lebih simpel. Selain banyaknya tempat penyewaan dan rental Campervan, saat ini juga telah banyak Bengkel – bengkel yang melayani modifikasi mobil pribadi untuk dijadikan Campervan atau motorhome. Banyak hal menarik ditawarkan dari modifikasi ala motorhome atau campervan. Pasalnya modifikasi motorhome dan campervan memang fokus pada ubahan kabin dengan kebutuhan menginap dan bepergian bisa dilakukan sekaligus. tren ini mulai merebak hingga banyak yang berniat untuk memodifikasi mobil pribadinya.

Tempat penyewaan atau Bengkel Modifikasi Campervan atau Motorhome dapat kita lihat di Youtube dan Media Sosial Lainnya. Mobil apa saja bisa dijadikan Campervan dengan modifikasi yang sangat sederhana sampai yang sangat mewah dan lengkap. Enak ya sepertinya, nabung dulu dech buat beli Campervan. Anda Berminat?

Posting Komentar untuk "CAMPERVAN ATAU MOTORHOME? BAGAIMANA PERKEMBANGANNYA DI INDONESIA"