Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

CARA SEDERHANA MENGHILANGKAN STRESS

 

CARA SEDERHANA MENGHILANGKAN STRESS


Bagaimana cara Anda menenangkan diri saat anda sedang Gundah gulana atau Bahasa sekarang Galau, atau Ketika anda merasa tidak nyaman dengan keadaan, sedih, atau tertekan? Merenung  sambil menikmati secangkir coklat hangat, menelpon teman-teman untuk curhat habis-habisan, atau justru memilih mendekam di kamar seharian? atau lebih seremnya curhat habis – habisan di Sosmed, Atau lebih banyak mendekatkan diri kepada Tuhan Yang Maha Kuasa.


Apapun pilihan yang Anda lakukan, hal yang terpenting adalah keefektifannya dan lebih untuk dapat menginstrokpeksi diri. Bila Anda bisa terlepas dari tekanan atau masalah setelah itu, berarti cara yang Anda tempuh berhasil. Selain beberapa cara yang telah disebut tadi, berikut ini ada beberapa tips sederhana untuk menghalau stress dan galau.

1.      Buka album foto lama

Membuka-buka album foto lama yang menyimpan saat-saat terindah Anda bersamapasangan, keluarga, atau teman-teman, mampu membantu Anda lepas dari stres. Sebuah penelitian di United Kingdom’s Open University mengungkapkan, mood seseorang akan membaik hingga 11% setelah melihat lihat album foto, sementara efek alkohol atau menonton tayangan hiburan di televisi hanya berdampak sekitar 1% terhadap peningkatan mood.


Untuk menjaga mood Anda, cobalah memasang foto-foto orang tercinta di meja kerja Anda. Atau, simpan sebagai screensaver Hp atau komputer.

 

2.      Lebih banyak untuk mendekatkan diri Kepada Tuhan

Mendekatkan diri dan meningkatkan ibadah pada Tuhan merupakan cara terbaik untuk menghilangkan stres. Dengan selalu berdoa kepada Tuhan, hati akan selalu terjaga dan tenang.

 

Mulailah untuk lebih banyak dengan duduk diam selama mampu kita setelah beribadah. Tutup mata dan pikirkan bagaimana Tuhan selalu memperhatikan kita. Renungkan bagaimana saat Tuhan tahu semua yang ada di kepala kita, kekhawatiran kita hingga harapan kita.

 

3.      Tafakur

Taffakur artinya berpikir dengan sengaja, konstruktif dan positif. Berapa banyak waktu yang kita habiskan dalam sehari untuk merefleksikan kebesaran Allah SWT?

 

Di zaman seperti ini taffakur dinilai sangat penting. Kalau kita tidak memiliki waktu untuk merenung dan berpikir, tentunya kita justru akan mengalami ketakutan. Akibatnya bisa timbul stres, kecemasan dan kurangnya kedamaian dalam diri. Yang perlu kita lakukan adalah melepaskan dan membebaskan diri dari belenggu yang mengikat kita ke dunia ini.


4.      Ngemil kacang

 Daripada mengambil sekotak coklat untuk meningkatkan kembali semangat            yangkendur akibat stres, lebih baik ambil segenggam kacang. Lemak omega-3          dalamkacang-kacangan, menurut para peneliti di University of Pittsburgh, mampu      mengurangi depresi. Lemak dalam kacang juga tidak membuat Anda gemuk.

 

5.      Hirup Aroma Terapi

Beberapa orang menyukai aroma segar seperti aroma buah-buahan untuk
membangkitkan mood. Sebagian lagi memilih aroma lavender atau chamomile untuk membuat pikiran tetap tenang dan fokus. Silakan pilih sesuai kebutuhan dan kegemaran Anda.

 

6.      Buka pintu dan jendela

Di pagi hari saat bangu tidur, buka lebar-lebar jendela kamar Anda. Biarkan semilir angin sejuk di pagi hari masuk, juga sinar hangat mentari. Bila Anda punya cukup banyak waktu, makanlah sarapan di ruang terbuka (atau paling tidak di dekat jendela). Percayalah, pikiran Anda akan jauh lebih segar, Anda pun jadi lebih siap memulai aktivitas.


Bila di tempat kerja tak ada jendela yang menghadap ke ruang terbuka, luangkan waktu beberapa kali dalam sehari untuk sekadar keluar, berjalan-jalan di sekitar kantor, untuk menikmati suasana luar ruangan. Menurut riset Daniel Kripke dari University of California, seseorang yang berkesempatan menikmati sinar matahari lebih mudah mengatasi depresi dantidur lebih nyenyak di malam hari.

 

7.    Bersih – Bersih

Aktivitas membersihkan kamar atau rumah bisa membuat Anda lebih baik, karena tak membutuhkan banyak energi untuk berpikir; semuanya sistematis. Setelah semua beres dan rapi, Anda akan merasa lebih baik.

 

8.      Lakukan Olah Raga

Tak hanya memberikan segudang manfaat fisik, olahraga memiliki manfaat secara psikologis, termasuk menghilangkan stres. Saat olahraga, tubuh akan memproduksi hormon endorfin. Hormon tersebut berperan penting dalam menghilangkan tekanan dan rasa khawatir dalam diri sehingga dapat melawan stres. Selain itu, endorfin dapat memicu munculnya energi positif dalam tubuh. Kebahagiaan dan kepuasan setelah melakukan olahraga dapat memberikan energi positif dan rasa bahagia dalam menjalani aktivitas.

 

Pilih olah raga yang kamu sukai. Kemudian, lakukan variasi pada rutinitas olahraga itu agar tidak bosan menjalaninya.















 

 

Posting Komentar untuk "CARA SEDERHANA MENGHILANGKAN STRESS"