Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

KARYA SENI LUKIS YANG MENAKJUBKAN DARI MEDIA YANG UNIK DAN ANEH

 

Lukisan adalah karya seni yang proses pembuatannya dilakukan dengan memoleskan cat dengan alat kuas lukis, pisau palet atau peralatan lain. Karya ini kebanyakan dibuat oleh para pelukis untuk mengekspresikan dirinya. Sebagai seorang seniman, wajar jika banyak dari pelukis yang ingin menciptakan karya yang luar bisa.

Menggunakan kuas dalam melukis tentu merupakan hal yang biasa dilakukan oleh banyak pelukis di atas dunia ini. Namun, pernahkah kamu melihat seseorang melukis menggunakan hal – hal  unik dan aneh? Seperti menggunakan Asap salah satunya, Memang terdengar aneh dan tak masuk akal, namun ternyata teknik melukis unik seperti ini memang ada di dunia. Penasaran dengan teknik melukis aneh dan unik? Disini saya telah merangkum teknik melukis dengan menggunakan hal yang unik dan aneh :

1.       Melukis dengan asap

MELUKIS DENGAN ASAP

Michael Fennel mengembangkan teknik khusus untuk memanipulasi asap pada panel kayu. Cara unik tersebut rupanya berhasil melahirkan berbagai lukisan yang memesona. Bahkan mungkin tidak ada yang tahu bahwa itu dilukis dengan asap.

Hingga kini, seperti dilansir odditycentral, Michael tetap merahasiakan teknik melukis yang telah dikembangkannya. Dan pada situs pribadinya, dia mengklaim bahwa dirinya adalah seorang pencipta lukisan asap. Namun, dia menegaskan bahwa dirinya bukanlah seniman pertama yang menggunakan asap sebagai media seni.

Selain dirinya, ada beberapa seniman seperti Rob Tarbell dan Jim Dingilian, yang juga menggunakan asap sebagai media seni.

2.       Melukis dengan Sidik Jari

LUKISAN SIDIK JARI

Anda mungkin pernah mendengar tentang "fingerprint" (sidik jari) atau tentang "fingerpainting" (melukis dengan jari sebagai kuas). Tetapi pernahkah Anda mendengar "fingerprinting"? Fingerprinting merupakan sebuah cara untuk mengembangkan sidik jari berwarna sebagai gambar. Dari sidik-sidik jari yang ditinggalkan pada kertas, ditambahkan detail-detail kecil untuk memperjelas gambar. Fingerprinting berbeda dengan fingerpainting. Fingerpainting adalah kegiatan melukis menggunakan jari-jari dan tangan yang bersentuhan langsung dengan cat lukis.

Lalu, ada juga seorang pelukis dari Prancis yang menggambar dengan menggunakan teknik yang sama. Tentunya, dengan gaya yang sangat dewasa. Nicolas Jolly menggambar dengan tinta di atas kertas dengan sidik jari. Karya-karyanya sedikit mengingatkan kita kepada lukisan-lukisan karya Van Gogh. Dengan sangat piawai dan rapi, Jolly dapat menimbulkan kesan cahaya, bayangan dan bentuk di dalam lukisannya. Ketika dilihat dari jauh, gambar-gambarnya tampak seperti tekstur yang bergerak.

Lukisan yang digambar dengan sidik jari mungkin bisa diduplikasi, tapi yang pasti nggak dapat ditiru, karena setiap kita punya sidik jari yang berbeda. Menarik, memang.

3.      Melukis dengan Ampas Kopi

LUKISAN DARI AMPAS KOPI

Media selanjutnya tak hanya sekedar unik, tetapi juga sangat kreatif dan baik untuk lingkungan. Di mana di sini melukis menggunakan media yang biasanya dianggap sebagai sampah.

Ya Ampas Kopi,  Kopi dikenal sebagai minuman populer yang dinikmati semua kalangan. Tapi siapa sangka di tangan – tangan kreatif sisa minuman kopi dapat menghasilkan dan masih dinikmati sebagai karya lukis bernilai seni tinggi. Karya seni ini biasa disebut dengan coffee painting

4.       Melukis dengan Lilin dan Api

LUKISAN DARI LILIN DAN API

Steven Spazuk pria asal Kanada yang merupakan seniman berbakat dalam melukis. Spazuk tidak menggunakan kanvas atau cat dalam membuat lukisannya melainkan menggunakan api. Abu yang berasal dari kertas di tuangkan menjadi satu warna yang sempurna membentuk sebuah objek lukis di atas selembar kertas.

Karya nya di mulai sejak 12 tahun yang lalu. Dengan menggunakan lilin dan obor kecil Spazuk menggunakanya sebagai alat untuk membuat lukisannya menarik dengan api dan hasilnya mempesona . Spazuk menggunakan kertas satu demi satu sehingga membentuk sebuah lukisan seperti mozaik

Karya nya banyak mendapat apresiasi, dengan hasil lukisan yang sempurna sebagai katagori lukisan yang unik

 

5.       Melukis pada Media Bulu

LUKISAN DENGAN MEDIA BULU

Lukisan pada media bulu ini sangat mengesankan, seperti empat bulu berikut dengan lukisan ikan seperti nampak dalam air, anjing, burung dan juga kucing. 

Lukisan ini sangat indah, warna yang ditampilkan sangat detail, seperti melukis diatas kanvas. Bulu ini disulap menjadi hal yang indah dengan lukisan terbaik yang mengagumkan.

Tentunya perlu kesabaran dan teknik yang mumpuni untuk dapat menghasilkan karya seni lukis media bulu. Karena, bulu yang halus dan tidak stabil bisa menjadikan kegagalan dari sebuah karya seni ini.

6.       Melukis dengan menggunakan Bekas Permen Karet

LUKISAN DARI BEKAS PERMEN KARET

Bagi kebanyakan orang, keberadaan permen karet yang diludahkan di jalanan kota atau dibuang secara sembarangan sangatlah mengganggu. Saat cuaca panas, permen karet menjadi jebakan lengket sepatu atau pakaian anda. 

Bila cuaca dingin, terutama saat musim hujan ia bisa licin. Fakta menjengkelkan lain, permen karet itu bisa meminta ongkos besar bila pemerintah kota berniat menyingkirkan.

Akan tetapi ditangan Anna Sophia Matveeva, permen karet besar bisa menjadi karya seni yang sangat luar biasa, dia adalah seorang seniman muda asal Makiivka, Ukraina, yang berhasil menciptakan berbagai potret seni yang dibuatnya dari bahan yang sungguh tidak biasa - sisa kunyahan permen karet.

7.       Melukis dengan Cahaya Matahari

LUKISAN DARI CAHAYA MATAHARI

Sunlight art merujuk pada karya seni yang melibatkan pemanfaatan cahaya matahari dalam proses pembuatannya. Salah satu jenisnya adalah lukisan yang dibuat dengan menggunakan cahaya matahari. Lalu apa yang dibutuhkan untuk bisa membuat lukisan dengan teknik ini?

Para seniman yang menggunakan teknik ini, melukis dengan menggunakan cahaya matahari, kaca atau lensa, dan kanvas yang terbuat dari kayu. Layaknya menggunakan cahaya matahari untuk membakar sesuatu, panas matahari yang terkumpul di titik tengah kaca pembesar akan diteruskan pada kanvas kayu. Guratan pada permukaan kanvas yang terpanggang sinar matahari, akan menghasilkan desain yang sudah ditentukan terlebih dahulu oleh sang seniman.

Itu dia beberapa media melukis yang sangat tidak biasa dan terkesan unik dan aneh. Dan mungkin menjadi media yang sebelumnya tidak pernah terpikirkan untuk dijadikan sebagai media melukis. Apa lagi nih media yang menurut kamu bisa menjadi media melukis anti-mainstream?

Posting Komentar untuk "KARYA SENI LUKIS YANG MENAKJUBKAN DARI MEDIA YANG UNIK DAN ANEH"