Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

INGIN PUNYA MOBIL??? PERTIMBANGKAN PENGELURAN RUTIN INI

 

Ketika kita telah memutuskan untuk memiliki sebuah mobil impian untuk keluarga kita, tentunya kita sudah siap untuk menanggung biaya-biaya yang bakal timbul nantinya. Terlepas dari mobil itu baru atau second. Karena memiliki mobil pribadi memang memberikan banyak keuntungan, kita bisa lebih aman dan nyaman dibandingkan dengan rental mobil atau naik angkutan umum terlebih dimasa pandemi ini. Kita  bisa memboyong angota keluarga kita dengan aman dan nyaman saat kita ingin berpergian. Memiliki mobil juga sangat bermanfaat ketika hujan melanda dan kita ingin beraktifitas atau keperluan di luar, kita tidak akan basah dan terhindar dari cipratan air dari pengguna jalan lainnya. Begitu juga saat cuaca panas, mobil juga menjadi kendaraan paling nyaman karena kita bisa menyejukkan diri dalam mobil dengan AC yang ada di dalam mobil.

Ada yang mengatakan kalau memiliki mobil pribadi itu jauh lebih hemat daripada menyewa mobil, Seperti  ketika kita berpergian, jauh lebih hemat ketimbang menggunakan angkutan umum. Padahal kenyataannya, memiliki mobil pribadi jauh lebih boros dari yang kita duga. Pasalnya, ketika kita memiliki mobil pribadi, banyak yang harus dikeluarkan untuk mobil supaya mobil tetap baik dan layak jalan, tidak hanya untuk bahan bakar saja, ada juga biaya ganti oli dan biaya-biaya lain untuk perawatan rutin sebuah mobil dan biaya lain – lainnya.

Nah buat kamu yang berencana untuk membeli mobil pribadi, ada baiknya kamu mengetahui terlebih dahulu tentang perkiraan rincian biaya yang harus kamu keluarkan ketika nantinya kamu sudah memiliki mobil! Jangan hanya memikirkan gengsi dan gaya hidup saja. Jika kamu tadinya biasa menggunakan motor dengan biaya pengeluaran yang sedikit, jangan terkejut ketika kamu telah memiliki mobil ternyata pengeluaran kamu jadi meningkat. Hal ini sangat penting karena apapun yang kamu putuskan nantinya akan berpengaruh pada keuanganmu kedepannya.

Disini kita akan bahas pengeluaran untuk apa saja yang harus kamu siapkan jika punya mobil? Mari simak lebih lanjut di bawah ini.

1.      Bahan Bakar Minyak

PENGELUARAN BBM

Mobil tanpa bahan bakar sama saja dengan mobil rongsok, maka dari itu, bahan bakar bagi mobil adalah salah satu hal yang sangat penting keberadaannya. Bahan bakar mobil sendiri umumnya Pertalite yang 1 liternya dijual dengan harga Rp 6.850/liter. 

Jika kamu bisa mengisi motor pull Cuma keluar 50.000, dan sudah bisa keliling – keliling kota, maka bila kamu memiliki mobil maka sekali isi minimal 100.000. hal ini telah meningkatkan pengeluaranmu. Jika bbm 50.000 di motor sudah bisa buat 4 hari, maka untuk mobil 100.000,- hanya untuk pengeluran sehari. Karena biasanya bila kita memiliki mobil otomasis perjalanan kitapun makin jauh.

2.      Service

SERVICE MOBIL

Jika ingin mesin mobil awet dan dalam perperma yang baik ada baiknya dilakukan Servis secara rutin dan berkala. Dan biasanya ini harus dilakukan secara rutin setiap kilometer tertentu. Biasanya per 5000 Km Waktu servisnya pun relatif singkat dan biasanya bisa ditungguin di bengkel. 

Biayanya masih relatif terjangkau, tergantung dari merek suku cadang yang kamu gunakan. Biasanya, biaya servis ini tidak lebih dari Rp 1 juta untuk mobil Jepang. Tapi kalau suku cadang yang kamu gunakan adalah suku cadang premium, otomatis biayanya mahal. 

Masalah biaya juga akan berkaitan dengan tempat servisnya. Bila servisnya di bengkel resmi jelas lebih mahal ketimbang bengkel umum.  Hal ini sangat jauh berbeda ketika kamu biasa service ketika kamu memiliki motor, yang biasa service Cuma 200an ribu.

3.      Pajak Mobil

PAJAK MOBIL

Meskipun cuma keluar setahun sekali, tapi besarannya lumayan juga, tergantung dari tahun pembuatan, tipe, dan kapasitas mesin mobilmu. Pengeluaran ini sering membuat kesal, karena terkadang kita seperti baru bayar koq udah bayar lagi.. hehehe. 

Mobil buatan terbaru jelas pajaknya lebih mahal daripada mobil lama. Sebaiknya sebelum beli mobil ketahui dulu pajak tahunannya.

Banyak dari kita yang memilili mobil ini terkadang tak kuat buat bayar pajak, karena saking besarnya pengeluaran pajak ini. Pengeluaran pajak mobil ini bisa 3 atau 4 kali lipat atau bahkan lebih dari biasa kita bayar pajak motor. 

Pajak mobil ini harus dibayar tunai ya. Tidak dicicil. Setiap keterlambatan pembayaran pun ada dendanya. hanya untuk pengeluran sehari. Jangan ada istilah beli mobilnya kuat tapi bayar pajaknya ga kuat. 

4.      Komponen Mobil yang di Ganti

KOMPONEN MOBIL

Meskipun kita rajin service secara rutin terkadang ada komponen mobil yang tiba – tiba minta ganti karena telah habis masa pakainya. Seperti Aki, Wifer, Ban atau Lampu. Pengeluaran ini bisa saja terjadi secara tiba – tiba, atau wifer misalnya yang jarang digunakan tapi begitu di pakai ternyata tidak berfungsi dengan baik, atau hilang dan di curi orang.

Spooring adalah proses meluruskan kedudukan empat roda mobil seperti factory setting. Sedangkan balancing bertujuan untuk menyeimbangkan kembali putaran masing-masing roda supaya nggak ada yang berat sebelah. Biasanya dilakukan setelah penggantian ban atau velg, atau terkadang setelah perjalanan jauh yang penuh ban perlu dilakukan spooring dan Balancin untuk menciptakan peporma kendaraan yang baik.   

5.      Stock Barang di Mobil

STOCK BARANG BARANG MOBIL

Tanpa disangka memang tapi Parfum mobil, tissue, tempat sampah, jok mobil, dll adalah benda-benda yang ada dalam mobilmu yang juga membutuhkan biaya lebih. Mengingat parfum mobil dan tissue menjadi benda yang cepat habis kamu juga perlu menyiapkan budget yang lebih untuk keperluan tersebut. Belum lagi P3K yang wajib di perhatikan apabila sudah kadaluarsa. Selain itu saat bepergian kita cendrung untuk membeli makanan atau sekedar makan permen. Dan pengeluaran ini juga membutuhkan anggaran yang lebih.

6.      Aksesoris Mobil

AKSESORIS MOBIL

Bila mobil kita ingin terlihat cantik dan menarik, tentunya kita harus mengeluarkan uang lebih untuk mempercantik mobil tersebut. Contohnya mobil harus rajin di salon untuk menghilangkan jamur pada kaca dan mobil. Selain itu mobil juga perlu di ganti joknya, memiliki audio yang bagus, kamera mundur. Untuk keamanan dari benturan pengendara motor atau lainya biasanya kita memasang bumper tambahan dari baja untuk depan dan belakang.

Untuk aksesoris ini memang harus mengeluarkan biaya yang ektra besar. Karena terlalu banyak aksesoris mobil ini jika kita ingin ikuti. Jadi pakailah saja yang paling kita butuhkan.

7.      Cuci Mobil

CUCI MOBIL

Cuci mobil ini juga menjadi pengeluaran yang cukup besar, apalagi kita malas untuk mencuci sendiri. Saat ini sekali cuci mobil biasanya kita harus mengeluaran uang sebesar 50.000,- bayangkan bila dalam sebulan kita mencuci 4 sampai 5 kali. Belum lagi ketika musim hujan, baru di cuci rupanya hujan. Bisa bikin saki kepala... hehehe

 

Itulah biaya yang biasa timbul jika kita memiliki mobil, jadi bila kita ingin memiliki mobil harus siap dana ektra yang bisa ditimbulkan dari kepemilikan mobil ini.

 

Posting Komentar untuk "INGIN PUNYA MOBIL??? PERTIMBANGKAN PENGELURAN RUTIN INI"