Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

ANIME PALING TERKENAL DI INDONESIA DAN ADA YANG MASIH EKSIS LOH..


Anime masih menjadi budaya populer yang digandrungi di seluruh dunia, budaya populer asal Jepang ini punya sejarah yang panjang hingga mengalami perkembangan di setiap masanya.  Sebagaimana diketahui, anime pertama kali masuk ke Indonesia adalah pada era 80an melalui format Video Betamax. Umumnya judul-judul yang masuk ke Indonesia adalah anime yang sebenarnya diproduksi pada tahun 70an. Maklum saja dulu informasi tidak menyebar secepat sekarang. Jadi saat itu anime yang sedang tren di Jepang pada era 80an tidk langsung tayang di Indonesia saat itu juga, melainkan butuh waktu cukup lama untuk dapat masuk ke Indonesia. Dari generasi 80an yang menonton anime di TVRI, hingga generasi zaman now yang menonton anime lewat download atau streaming dan biasa disebut otaku atau wibu.

Sedangkan menurut berbagai sumber yang saya telusuri, anime yang pertama kali tayang di TVRI adalah Kumkum yang mulai tayang sekitar pertengahan 80an dan langsung menjadi tontonan favorit anak-anak Indonesia ketika itu. Dengan masuk dan tayangnya anime Jepang di Indonesia, masyarakat di tanah air mulai mengenal ciri khas kartun Jepang yang berbeda dengan kartun-karun dari Barat. Kartun-kartun dari Barat sendiri sudah duluan tayang di Indonesia.

Berkembangnya televisi swasta membuat Anime ini banyak menghiasi layar kaca pada era tahun 90an hingga diawal tahun 2000an, dan menjadi bahan tontonan untuk anak-anak pada masa itu. Banyak judul anime yang berseliweran di layar tv kita. Namun lama kelamaan hingga sekarang, serial anime di tv semakin sedikit bahkan bisa dikatakan hampir tidak ada. Namun pesona dari anime-anime tersebut masih melekat hingga sekarang di hati para pecinta anime. Nah dari sekian banyaknya judul anime yang ada, berikut daftar judul anime yang terkenal di Indonesia dan beberapa bahkan masih eksis di layarkaca Indonesia :

1.      Doraemon

DORAEMON

Doraemon adalah judul sebuah manga dan anime yang sangat populer yang dikarang Fujiko F. Fujio sejak 1 Juni 1969 dan berkisah tentang kehidupan seorang anak pemalas kelas 5 sekolah dasar yang bernama Nobita Nobi  yang didatangi oleh sebuah robot kucing bernama Doraemon yang datang dari abad ke-22. Doraemon dikirim untuk menolong Nobita agar keturunan Nobita dapat menikmati kesuksesannya daripada harus menderita dari utang finansial yang akan terjadi pada masa depan yang disebabkan karena kebodohan Nobita.

Anime ini bercerita tentang seekor Kucing dari masa Depan yang bernama Dora Emon, Doraemon dikirim kembali ke masa kehidupan Nobita oleh cicit Nobita, Sewashi. Ia dikirim untuk memperbaiki kehidupan Nobita agar keturunannya merasakan kehidupan yang lebih baik. Dalam kehidupan aslinya tanpa dibantu Doraemon, Nobita sering gagal dalam pelajaran sekolahnya, gagal dalam pekerjaan, dan mempunyai masalah keuangan.

Cerita berfokus tentang kehidupan sehari-hari Nobita yang merupakan tokoh utama dalam cerita ini. Doraemon memiliki sebuah Kantong Ajaib (Kantong Empat Dimensi) yang berisi alat-alat ajaib dari masa depan. Seringkali Nobita datang merengek-rengek karena masalah di sekolah atau di lingkungannya, setelah memohon atau memaksa, Doraemon akan mengeluarkan sebuah alat yang membantu Nobita menyelesaikan masalah, membalas dendam, atau hanya sekadar pamer ke teman-temannya..

Di Indonesia Doraemon adalah salah satu karakter manga yang paling populer. Animenya disiarkan oleh RCTI sejak 13 November 1988 hingga sekarang dan direlai oleh SCTV Surabaya sejak tahun 1990 hingga 1993.Anime Doraemon disiarkan oleh RCTI sejak 13 November 1988 hingga sekarang (anime 1979 mulai tayang pada 1988 hingga tahun 2010 dan anime 2005 mulai tayang pada 2010 hingga sekarang).

Doraemon tayang di RCTI setiap hari Minggu pukul 08.00 WIB. Acara ini selalu ditunggu – tunggu anak – anak, karena anime ini sangat cocok menjadi tontonan anak – anak.

2.      Detektif Conan

DETEKTIF CONAN

Meitantei Konan yang juga dikenal sebagai Case Closed atau Detective Conan, dan telah diterbitkan di Indonesia dengan judul Detektif Conan, adalah sebuah seri manga shōnen Jepang bertema detektif yang ditulis dan diilustrasikan oleh Gosho Aoyama. Manga ini telah dimuat dalam majalah Weekly Shōnen Sunday terbitan Shogakukan sejak tanggal 19 Januari 1994, dan telah dibundel menjadi 98 volume tankōbon hingga tanggal 15 April 2020. Karena adanya masalah hukum dengan hak nama Detective Conan, maka nama rilisan versi bahasa Inggris dari Funimation dan Viz diubah menjadi Case Closed. Alur ceritanya mengisahkan tentang seorang detektif SMA yang tubuhnya menyusut menjadi kecil saat sedang menyelidiki sebuah organisasi misterius. Dia kemudian memecahkan banyak kasus sambil meniru ayah temannya dan karakter lainnya.

Seri ini menerima adaptasi anime yang diproduksi oleh Yomiuri Telecasting Corporation dan TMS Entertainment. Anime-nya kemudian menghasilkan banyak film animasi, sejumlah animasi video asli, permainan video, cakram audio dan beberapa episode laga hidup.

Serial Detektif Conan ini memang gak perlu lagi ditanyakan tentang kepopulerannya di Indonesia. Serial anime ini sangat seru dan juga menegangkan, berbagai kasus dan pemecahan teka-teki dalam setiap cerita anime ini selalu berhasil memukau para penonton Indonesia. Gak heran deh kalau Conan cs selalu ditayangkan di TV Indonesia, walaupun beberapa tahun terakhir ini sudah tak lagi ditayangkan di TV. Tapi walaupun begitu, pecinta Detektif Conan di Indonesia bisa dengan mudah mengaksesnya melalui Internet. Pada tanggal 5 September 2020 lalu Stasiun televisi NET yang telah menayangkan anime ini kembali di Indonesia. Meskipun begitu, NET saat ini hanya mere-run episode terdahulu karena mereka masih kehabisan episode. Mereka berencana akan menayangkan Kembali di Mei ini. Kita tunggu saja ya sobat.

3.      Crayon Sinchan

SHINCHAN

Shin Chan, adalah sebuah seri manga Jepang yang ditulis dan diilustrasikan oleh Yoshito Usui. Alur ceritanya mengikuti petualangan seorang anak berusia lima tahun bernama Shinnosuke "Shin" Nohara beserta orang tua, adik bayinya, anjing, tetangga, dan teman-temannya dan berlatar di Kasukabe, Prefektur Saitama. Serial ini cukup menarik perhatian sekaligus kontroversi karena banyaknya unsur-unsur guyonan orang dewasa yang terucap dari sosok Shinchan yang masih berumur 5 tahun ini.

Crayon Shin-chan pertama kali muncul pada tahun 1990 dalam sebuah majalah mingguan Jepang berjudul Weekly Manga Action, yang diterbitkan oleh Futabasha. Karena kematian pengarangnya, Yoshito Usui, manga aslinya berakhir pada tanggal 11 September 2009. Sebuah manga baru dimulai pada musim panas tahun 2010 oleh para anggota dari kelompok Usui, bertajuk New Crayon Shin-chan.

Adaptasi anime dari seri ini mulai tayang di TV Asahi pada tahun 1992 dan masih berlanjut di beberapa stasiun televisi di seluruh dunia. Anime-nya telah dialihbahasakan ke dalam 30 bahasa dan telah ditayangkan di 45 negara, terdiri atas lebih dari 970 episode dan 26 film berdurasi panjang. Crayon Shin-chan adalah waralaba animasi terlaris ke-24 dan lebih dari 100 juta kopi manga-nya telah terjual di seluruh dunia.

Di Indonesia sendiri komik dari Crayon Shinchan pernah diterbitkan oleh PT. Indorestu Pacific dan kini diterbitkan kembali oleh penerbit Elex Media Komputindo. Adapun animenya sendiri pernah ditayangkan melalui stasiun televisi RCTI sampai tahun 2015 dan sempat pula ditayangkan melalui stasiun televisi TRANS7. Hak siar dan lisensi atas Crayon Shinchan di Indonesia sendiri dipegang oleh PT. Perdana IMMG Indonesia dan Animation International Ltd.

4.      Dragon Ball

DRAGON BALL

Doragon Ball adalah sebuah manga dan anime karya Akira Toriyama dari tahun 1984 sampai 1995. Albumnya terdiri dari 42 buku dan di Indonesia diterbitkan oleh Elex Media Komputindo. Sebelumnya Dragon Ball juga pernah diterbitkan oleh Rajawali Grafiti.

Dragon Ball bercerita tentang seorang bocah bernama Goku yang hidup di tengah gunung sendirian. Dia lalu bertemu dengan Bulma, seorang gadis muda genius, yang berusaha mengumpulkan 7 bola ajaib yang katanya bisa mengabulkan semua keinginan. Bola-bola tersebut dinamakan Dragon Ball

Dragon Ball merupakan 7 buah bola kristal yang tersebar di seluruh dunia, bola tersebut berwarna jingga yang terdapat pola bintang di dalamnya, apabila seseorang berhasil mengumpulkan 7 buah Dragon Ball maka akan muncul sebuah dewa naga yang mampu mengabulkan sebuah permintaan apa saja, bahkan termasuk menghidupkan orang mati.

Dalam perjalanannya bersama Bulma mencari Dragon Ball, Goku harus berhadapan dengan banyak rintangan, salah satunya adalah dari Tentara Pita Merah. Kelompok ini mempunyai keinginan yang sama dengan Goku dan Bulma.

Serial anime ini sempat ditayangkan di stasiun TV Indonesia, bahkan ditayangkan hingga bertahun-tahun. Gak heran deh kalau Dragon Ball ini menjadi sangat populer di Indonesia bahkan didunia. Adapun animenya juga telah ditayangkan di sejumlah stasiun televisi seperti Indosiar, Global TV, dan Space Toon, hingga sejumlah film layar lebarnya yang juga sempat diputar di bioskop.

5.      One Piece

ONE PIECE

One Piece adalah sebuah seri manga Jepang yang ditulis dan diilustrasikan oleh Eiichiro Oda. Manga ini telah dimuat di majalah Weekly Shōnen Jump milik Shueisha sejak tanggal 22 Juli 1997, dan telah dibundel menjadi 91 volume tankōbon.

One Pice mempunyai alur Cerita yang mengisahkan petualangan Monkey D. Luffy, seorang anak laki-laki yang memiliki kemampuan tubuh elastis seperti karet setelah memakan Buah Iblis secara tidak disengaja. Dengan kru bajak lautnya, yang dinamakan Bajak Laut Topi Jerami, Luffy menjelajahi Grand Line untuk mencari harta karun terbesar di dunia yang dikenal sebagai "One Piece" dalam rangka untuk menjadi Raja Bajak Laut yang berikutnya.

6.      Naruto

NARUTO

Popularitas dan panjang seri Naruto sendiri (terutama di Jepang) menyaingi Dragon Ball karya Akira Toriyama, sedangkan serial anime Naruto, diproduksi oleh Studio Pierrot dan Aniplex, disiarkan secara perdana di Jepang oleh jaringan TV Tokyo dan juga oleh jaringan televisi satelit khusus anime, seperti Animax dan stasiun televisi lainnya, pada 3 Oktober 2002 sampai sekarang. Seri pertama terdiri atas 9 musim dan berlangsung 220 episode. Musim pertama dari seri kedua mulai ditayangkan pada tanggal 15 Februari 2007.

Di Indonesia sendiri, anime Naruto pernah ditayangkan oleh stasiun televisi Trans TV, yang kemudian ditayangkan lebih lanjut oleh GTV dan sempat ditayangkan di Indosiar untuk musim keempat dan kelima sampai Naruto Shippuden musim kelima. Selain serial anime, Studio Pierrot telah mengembangkan delapan film untuk seri dan beberapa original video animation (OVA). Saking populer dan terkenalnya di Indonesia, banyak orang-orang kreatif yang menjual barang-barang dengan gambar Naruto cs. Dari tas, baju, hingga pin bergambar Naruto banyak dicari oleh penggemar Naruto. Bukan hanya itu, merchandise bertemakan Narutopun banyak diburu oleh para penggemarnya.

7.      Bleach

BLEACH

Bleach adalah sebuah seri manga shōnen Jepang yang ditulis dan diilustrasikan oleh Tite Kubo. Alur ceritanya mengisahkan petualangan remaja keras kepala bernama Ichigo Kurosaki yang mewarisi takdir orang tuanya, setelah dia mendapatkan kekuatan Shinigami ("Dewa Kematian")—sebuah personifikasi kematian yang mirip dengan Malaikat Maut—dari Shinigami lainnya, Rukia Kuchiki. Kekuatan baru ini memaksanya untuk melakukan tugas melindungi manusia dari roh-roh jahat dan menuntun jiwa-jiwa yang mati ke alam baka, dan membawanya ke petualangan-petualangan di berbagai alam spiritual yang ada.

Bleach memang menjadi anime yang terkenal bukan hanya di Jepang, di Indonesiapun anime ini menjadi sangat terkenal dan mendapat banyak penggemar, setelah penayangan perdananya disalah satu stasiun TV Indonesia. Bleach sudah tayang pada tahun 2011 dan di siarkan film-nya di global TV pada tahun 2014 lalu. Namun kini filmnya sudah tidak ditayangkan dengan alasan tertentu. Gak heran deh, kalau kalian pergi ke suatu festival Jepang di Indonesia, karakter-karakter dari anime Bleach ini akan banyak kalian lihat, dari cosplay hingga stiker ataupun poster.

8.      Samurai X

SAMURAI X

Samurai X memiliki judul asli Rurouni Kenshin adalah manga dan anime karya Nobuhiro Watsuki yang berlatar belakang awal dari era Meiji di Jepang. Manga ini terbit di majalah mingguan Shonen Jump dan telah dibukukan menjadi 28 seri buku. Di Indonesia manga ini diterbitkan oleh Elex Media Komputindo pada tahun 2002 dengan judul Samurai X.

Nama Samurai X pertama kali digunakan oleh ADV Films dalam merilis anime Rurouni Kenshin di Amerika. Nama ini diambil dari tanda codet berbentuk X di wajah Kenshin.

Film "Samurai X" atau nama aslinya "Rurounin Kenshin/Perjalanan Kenshin Si Jago Pedang" versi animasi ditayangkan pertama kalinya di SCTV yang bekerjasama dengan Animax. Anime ini ditayangkan pada hari Senin-Jumat pukul 15.00-15.30 WIB setelah acara BiBir Plus. Mulai tayang pada Senin, 6 Maret 2000 s.d. Kamis, 13 Juli 2000. Didistribusikan oleh perusahaan film "Columbia Pictures/Sony Pictures Television" dan NHK Jepang.

Beberapa tahun kemudian ANTV, RCTI, Trans TV, TV7 menayang ulang kembali serial ini hingga akhir 2005. Kemudian Global TV hingga pertengahan tahun 2008. SCTV menayangkan anime ini setiap Senin s.d. Jumat pukul 15:00 - 16:00 wib mulai 6 Maret 2000 hingga berakhir Juni 2001 yang ditutup dengan penayangan kartun Jackie Chan Adventure dan Sakura Wars sebelum akhirnya tidak menayangkan kembali program khusus kartun tersebut.

SCTV menayangkan anime ini hingga tamat dari musim pertama hingga ketiga. musim pertama "Kembalinya Sang Pengembara", musim kedua "Suksesor Batosai", dan diakhiri musim ketiga "Ketentuan Akhir". Soundtrack Film juga ditampilkan secara utuh. Berbeda dengan kanal TV indonesia lainnya yang hanya menayangkan musim pertama sampai kedua saja dan tidak berurutan alur episodenya dan soundtrack-nya juga hanya ditampilkan sepotong saja.

9.      Sailor Moon

SAILOR MOON

Sailor Moon atau dikenal juga dengan nama Pretty Soldier Sailor Moon adalah judul sebuah franchise terkenal yang diciptakan oleh seniman manga Jepang Naoko Takeuchi. Bercerita tentang kepahlawanan 5 gadis dengan kekuatan super dari elemen-elemen alam dan tata surya melawan berbagai musuh dari kegelapan. Mereka memiliki misi mencari sang putri bulan dan Kristal Perak.

Bishojo Senshi Sailor Moon atau Pasukan Cantik Sailor Moon atau Pretty Soldier Sailor Moon berawal dari manga yang kemudian dibuat dalam bentuk anime. Kesuksesan serial ini membawanya ke layar lebar walau masih berupa anime.

10.  Ninja Hatori

NINJA HATORI

Ninja Cilik Hattori adalah serial manga karya Fujiko Fujio yang kemudian diadaptasi menjadi sebuah drama TV, serial anime, dan permainan video. Di Indonesia, serial ini pertama kali ditayangkan di RCTI pada tahun 1997, kemudian ditayangkan ulang di Indosiar pada tahun 2000, kemudian ditayangkan ulang di NET. pada tahun 2013. Sejak 2005 serial ini ditayangkan ulang di Spacetoon dengan sulih suara bahasa Indonesia. Sejak tahun 2020, serial ini kembali ditayangkan di RCTI.

 Dari semua Anime diatas, mana yang menjadi Favorit kalian Sobat? 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Posting Komentar untuk "ANIME PALING TERKENAL DI INDONESIA DAN ADA YANG MASIH EKSIS LOH.."