Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

BERSYUKUR MERUPAKAN SALAH SATU CARA MERUBAH MUSIBAH MENJADI ANUGERAH



Sebagai makhluk yang Tuhan beri kesempurnaan fisik dan akal, manusia tidak pernah lepas dari ujian. Setiap manusia yang hidup pasti pernah merasakan ujian. Baik ujian yang baik atau buruk. Anugerah merupakan ujian dari Tuhan begitu juga Musibah merupakan bentuk lain dari ujian yang tuhan hadirkan di tengah kehidupan di dunia. Bukan tanpa sebab Dia memberikannya, karena selalu ada hikmah yang terselip setelahnya. Dan, kebanyakan dari kita selalu menyadarinya setelah musibah itu berlalu. Kita akan sangat mengharapkan selalu mendapat anugrah, karena hal yang sangat menyenangkan hati, dan dengan mudah kita akan menyuskuri atas anugerah yang kita terima. Kita akan merasa hidup ini indah manakala kita menerima anugrah, dan dengan mudah kita mengucapkan syukur atas keindahan hidup ini kepada tuhan.

 

Sebelum membahas lebih lanjut lagi mari kita artikan terlebih dahulu makna dari Anugerah dan Musibah. Anugerah merupakan pemberian atau ganjaran dari pihak atas (orang besar dsb) kpd pihak bawah (orang rendah dsb); karunia (dr Tuhan): ia mendapat -- Bintang Mahaputra dr Pemerintah; bersyukurlah atas -- Nya; Sedangkan musibah adalah kejadian (peristiwa) menyedihkan yg menimpa kepada ummat manusia.

 

Sakit, kehilangan harta dan kehilangan orang-orang tercinta adalah beberapa musibah yang sering kita alami. Bagaimana tatkala kita menerima suatu musibah, apakah kita masih bisa beryukur?? Adalah sesuatu yang berat bila kita beryukur saat kita menerima musibah, yang terjadi kita akan mengeluh, dan merasa tidak siap atas suatu musibah. Dan kita merasa tuhan tidak adil saat kita menerima musibah. Tak jarang kita menyalahkan hidup, menyalahkan tuhan saat kita menerima musibah.

Pernah saya menerima kabar dari dua sahabat saya waktu di Kuliah dulu, dia menerima suatu anugrah yang berlimpah " Mas Tan, saat ini saya sedang mengalami kemajuan dalam bidang usaha yang saya geluti, dan saya mendapat kan beasiswa S2 dari perusahaan saya saat ini. Alhamdulilah mas, tuhan begitu baik pada saya atas semua yang diberikan nya, tuhan maha pengasih lagi maha penyayang" di surat ini sahabat saya begitu bersyukur atas semua rahmat dan anugrah yang diberikan oleh tuhan, kita akan mudah bersyukur dalam keadaan ini.

Dan suatu ketika saya mendapat kabar dari sahabat yang sama ketika dia mendapat musibah dia mengalami sakit yang parah " mas Tan, saya sedang mengalami sakit yang parah dan berkepanjangan, sudah banyak waktu dan biaya yang saya keluarkan untuk mengobati penyakit saya ini, badan saya sudah habis mas, tuhan engga adil, aku kesel aku dah berdoa untuk dapat

disembuhkan tetapi masih seperti ini" dalam keadaan inilah kita sering tidak bersyukur atas musibah yang kita terima. Karena bersyukur saat terkena musibah itu lebih sulit dalam pelaksanaan.

Banyak orang yang menjadi sakit menjadi parah, menjadi stress, karena mereka
tidak bisa mensyukuri saat mereka menerima musibah, sehingga yang jika dijalani dengan beryukur, mungkin masalahnya akan terasa lebih mudah, dan ringan. Tapi jika kita tidak bersyukur saat kita diterima masalah, masalah mungkin akan bertambah dan membuat kita semakin terpuruk. Ada banyak orang menemukan makna hidup (hidayah) ketika ditimpa musibah. Namun sebaliknya, tidak sedikit orang yang diberi Anugerah tapi tidak dapat menemukan makna hidup darinya.


Yang selalau menjadi pertanyaan adalah, Bagaimana cara mensyukuri musibah? Sebab ini merupakan persoalan yang jarang terjadi. Adapun mensyukuri anugerah sudah banyak jawaban dan ulasannya.

 

Menurut Syekh Muhammad bin Shalih al- Utsaimin (sosok ulama dan da’I yang menginginkan persatuan dan kebangkitan ummat), setidaknya ada dua cara untuk dapat mensyukuri musibah. Pertama, hendaknya banyak melihat orang yang mendapat musibah lebih parah dari kita. Kalau ditimpa musibah sakit, misalnya, lihatlah orang yang lebih parah sakitnya daripada kita, jangan banyak melihat orang yang lebih sehat. Jika cara menghadapi musibah seperti ini, insya Allah kita akan senantiasa menjadi hamba yang bersyukur, sekalipun sedang ditimpa musibah.


Rasa syukur sangat penting karena banyak alasan, rasa syukur membuat hati
dan fikiran anda terbuka menerima karunia dalam kehidupan, dan selalu mengingatkan akan semua karunia saat mendapat anugrah, dan dengan bersyukur anda akan mampu menghadapi masalah secara proporsional. Karena setiap masalah pasti ada jalan keluar, dan dibalik masalah terdapat hikmah yang tersembunyi. Dengan beryukur kita bisa melihat hikmah saat kita diberi masalah oleh tuhan.


Bersyukur dapat menjadi alat control diri kita, kita tidak bersikap berlebihan saat menerima anugrah dan musibah yang terjadi pada hidup kita. Rasa syukur merupakan kekuatan yang luar biasa yang bisa menghilangka dan mengatasi masalah anda dalam kehidupan kita. Kehidupan kita akan bahagia atau menderita semua tergantung pada cara anda memandang dan pikiran anda, dengan selalu bersyukur anda akan menemukan apa yang anda cari, jika pikiran anda mencari apa yang indah dari setiap musibah dan menysukurinya, maka hal yang indah yang akan anda dapati. Maka Mari kita mensyukuri kehidupan yang kita jalani, baik saat kita mendapat musibah atau saat mendapat anugrah.


"Dengan bersyukur kita dapat merubah musibah menjadi anugerah "


"Bersyukur adalah menerima dan memandang indah setiap pristiwa yang terjadi
dalam perjalanan hidup kita "




 

 


Posting Komentar untuk "BERSYUKUR MERUPAKAN SALAH SATU CARA MERUBAH MUSIBAH MENJADI ANUGERAH"