Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

TABUNGAN APAKAH TERMASUK INVESTASI??? LIAT BEDANYA

 


PERBEDAAN TABUNGAN DAN INVESTASI

 

Dewasa ini kita sering mendengar kata Investasi. Investasilah sejak dini, Investasi merupakan proses mengembangkan uang yang dimiliki untuk mendapatkan keuntungan yang lebih. Investasi ini sangat bervariasi, dari yang beresiko rendah sampai yang beresiko tinggi. Tapi ada istilah High Rish, High return dalam berinvestasi

Banyak di kalangan masyarakat yang salah kaprah dalam mengartikan Menabung dan Investasi. Banyak dari mereka mengatakan menabung dan Investasi merupakan hal yang sama. Padahal menabung dan Investasi merupakan hal yang berbeda dari segi tujuan. Untuk itu mari kita artikan makna dari Menabung dan Investasi

Menabung merupakan proses penyimpanan sejumlah uang untuk tujuan jangka pendek yang dapat di ambil sewaktu – waktu. Misalnya kita akan baru menjual tanah, untuk membeli tanah yang lebih luas, untuk itu hasil penjualan tanah tersebut di simpan pada bank kepercaan kita. Setelah kita dapat penjual tanah yang sesuai kita inginkan kita menarik sejumlah dana yang kita tabungkan tadi untuk membeli tanah tersebut.

Menabung ini memiliki resiko yang sangat kecil, akan tetapi keuntungan dari menabung inipun kecil juga. Jika tujuan anda ingin mendapat keuntungan yang besar sebaiknya anda memilik investasi, akan tetapi anda juga harus siap dengan resiko yang diterima. 

Sedangkan Investasi merupakan mengembangkan uang yang kita miliki untuk mendapatkan keuntungan yang lebih. Investasi ini memiliki resiko yang lebih besar dibandingkan dengan Tabungan. Tapi anda tidak perlu khawatir, saat ini banyak koq produk investasi dengan tingkat resiko yang rendah, akan tetapi lebih tinggi ketimbang kita menabung. Kalau dalam menabung uang kamu bisa diambil atau dicairkan kapan saja, beda ceritanya dengan investasi. Investasi adalah perencanaan keuangan yang sifatnya jangka panjang dan butuh proses serta waktu untuk mencairkannya. Namun sebagai bentuk pengembangan dana yang kamu punya, investasi ini sangat berguna bagi masa depan Anda.

Saat inipun banyak beredar investasi – investasi bodong yang menjanjikan keuntungan yang sangat besar, yang terkadang diluar logika kita. Seperti money game atau investasi perkebunan dan lain sebagainya. Disini kita jangan mudah tertarik untuk mengikuti program investasi yang di tawarkan oleh para marketingnya, jika  tidak ingin kehilangan uang anda. Ada istilah yang menarik yang sering jadi pembicaraan orang dalam menciptakan investasi bodong ini, yakni “ Memanfaatkan ketamakan orang”. Memang saat ini banyak orang yang tertipu oleh investasi bodong ini, hanya dengan iming – iming sebulan bisa berpenghasilan 50 %. Jika kita pikir secara logika, Jikalah ada Investasi bisa menghasilkan 50 % sebulan, kenapalah para Bank tidak menginvestasikan ke produk tersebut??? Terkadang mereka dapat menciptakan kata – kata yang dapat membius kita seolah kita terbuai…hehehehe Seperti contohnya “ Gak Masuk Akal, tapi Masuk Rekening” Jadi Hati – hatilah dalam berinvestasi. Selain itu ada juga Investasi yang berlindung di balik kedok Agama, dengan jargon Investasi dengan Embel – embel Syariah, ini juga banyak menjadi Masalah. Jadi bijaklah dalam berInvestasi.

Sebagia contoh Tabungan Bank rata – rata memberi bunga 1 % pertahun belum lagi di Potong dengan pajak dan Administrasi Bank, sedangkan Deposito rata – rata bangk memberi bunga 6 % pertahun, Namun keuntungan hasil tersebut akan lebih besar lagi jika seseorang menempatkan dananya pada reksa dana saham. Dengan imbal hasil rata-rata mencapai 20% per tahun terkadang bisa lebih. Kita harus Bijak dalam penempatan dana kita. Dimana kita nyaman disitulah kita menempatkan dana kita.

Dari penjelasan perbedaan tabungan dan investasi di atas, Kita dapat memilih kapan anda harus menabung atau berinvestasi. Sebaiknya keduanya tetap harus ada, karena keduanya  saling melengkapi. Hanya saja komposisinya yang harus diatur, disesuaikan dengan tujuan keuangannya, selain itu sebaiknya Hasil dari Investasi tersebut ditabung untuk kebutuhan jangka pendek kita. Yang terpenting adalah selalu konsisten dan disiplin dalam menabung dan investasi, supaya tujuan Anda dalam menabung dan berinvestasi tercapai dan terntunya mimpi – mimpi anda segera terwujud

Posting Komentar untuk "TABUNGAN APAKAH TERMASUK INVESTASI??? LIAT BEDANYA"