Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

PASAR MOTOR BEKAS DARI JAKARTA RAMAI PEMINAT

 


Sepeda motor saat ini sudah tak menjadi alat transportasi semata di Indonesia, tapi juga menunjang gaya hidup seseorang. Hal itulah yang akhirnya berimbas pada tren sepeda motor, yang selalu berubah setiap tahunnya. Jika sebelumnya motor-motor berjenis underbone (bebek) dan skuter bertransmisi otomatik (skutik) saling tikam untuk merajai pasar sepeda motor nasional, kini trennya mulai bergeser. Motor-motor berjenis sport (batangan) kembali muncul dan berusaha menguasai ceruk pasar yang sempat ditinggalkan. 

Namun, dalam kurun waktu lima tahun terakhir ini ada sedikit perubahan tren, di mana sepeda motor berjenis trail semakin dilirik tak hanya untuk dipergunakan sebagai kendaraan off-road, tapi juga untuk kendaraan komuter harian. Hal ini tak lain karena fungsionalitas dan ketangguhannya, karena bisa dipergunakan di segala medan

Bagi mereka yang memiliki kantong tebal pastinya akan mudah untuk mengikuti setiap trend yang berkembang. Akan tetapi bagi yang berdompet pas – pasan dan ingin mengikuti trend, sepeda motor bekas menjadi pilihan. SEPEDA motor bekas di pasar otomotif Indonesia selalu menjadi komodiatas yang menggiurkan baik bagi penjual maupun pembeli. Dengan kisaran harga yang sangat murah dan kecenderungan harga jual kembali yang sangat merosot dibandingkan dengan kondisi baru membuat, produk motor bekas menjadi primadona.

Walaupun sempat merosot penjualan motor bekas saat pandemic seperti ini, akan tetapi pada saat menjelang akhir tahun kemaren pasar motor bekas mulai merangkak naik. Penjulan sepeda motor bekas dari Kota Jakarta ataupun Jabodetabek sampai mendapat pesanan dari luar kota.

Memang sejak pandemic COVID – 19 Melanda Dunia, di daerah penulis, yakni Labuhanbatu Utara banyak didapati di jalanan motor – motor berplat “B”. Timbul rasa penasaran saya sehingga saya bertanya kepada temen yang kebetulan memiliki kendaraan berplat DKI Jakarta, menurut penuturannya saat ini banyak dealer rumahan yang menjual sepeda motor bekas dari Jakarta. Masalah harga jauh lebih murah harga motor bekas dari Jakarta ini dibanding dengan harga motor bekas lokal. Selain itu kondisi motor bekas dari Jakarta ini cendrung lebih baik dibanding dengan motor bekas lokal, Hal inilah menjadi daya Tarik untuk memiliki motor bekas dari Jakarta.

Memang ada beberapa jenis motor bekas yang memiliki harga ini sangat berbeda jauh dari satu daerah dengan daerah lain, hal ini mungkin saja terjadi karena permintaan akan jenis motor bekas tersebut di setiap daerah. Misalnya Motor Yamaha Scorpio dimana Harga jual di Jakarta Lebih rendah disbanding dengan di Sumatera, begitu juga dengan Yamaha RK King yang memiliki harga lebih tinggi di Jakarta disbanding di Sumatera.

Menurut penjual motor bekas dari Jakarta lebih laku dibanding motor bekas lokal. Setiap hari ada saja yang mencari, Adapun motor yang paling di cari adalah Honda Supra 125 Tahun 2010 ke atas. Adapun asalan motor tersebut paling laku adalah, para konsumen menganggap motor tersebut paling handal dari segi mesin dan bisa di buat di segala medan. Akan tetapi penjual tidak mau untuk men stock motor yang tidak banyak pencarinya. Bila kita ingin jenis motor impian kita, penjual bisa mencarikan motor tersebut. Biasanya membutuhkan waktu yang kurang lebih sebulan sudah sampai di sini. Motor jenis apapun itu bisa di carikan oleh penjual. Mau motor sport, trail ataupun matic. Penjual siap untuk melayaninya.

Bila kita kaji dan kita bandingkan sebenernya harga Motor bekas dari Jakarta dengan motor bekas lokal memiliki harga yang tidak berbeda jauh bila kita hitung biaya mutasi kendaraan tersebut. Yang jadi masalah sebenernya adalah bahwa konsumen tersebut, cendrung tidak memutasikan kendaraannya tersebut menjadi kendaraan lokal. Kecendrungan konsumen tersebut setelah beli langsung pakai dan tidak pernah mengurus Mutasi atau Pajak – pajak kendaraan tersebut. Hal inilah yang menjadikan harga motor bekas dari Jakarta lebih murah bila dijual di Sumatera.

Bila kita tanya kepada kepada konsumen, mengapa mereka nggan untuk memutasikan kendaraannya tersebut,. Mereka selalu beralasan bila memutasikan kendaraan tersebut dapat dipastikan tambahan biaya mutasinya yang relative besar, selain itu mereka beralasan bahwa motor tersebut Cuma untuk dibawa ke ladang tidak untuk penggunaan di kota. Sehingga urusan pajak dan lainnya tidak terlalu penting.

Penjualan motor bekas ini hanya melayani cash, blm ada melayani secara kredit setahu penulis, karena penjualan di daerah ini masih mengandalkan dealer rumahan. Blm ada sekala perusahaan yang terjun di bisnis ini. Jika pun ada penjual biasanya menawarkan pembayaran secara berkala misalnya dalam tempo 3 bulan harus lunas.

Demikianlah pembahasan tentang maraknya motor bekas dari Jawa yang ada di Sumatera ini, anda tertarik silahkan pesan..

Posting Komentar untuk "PASAR MOTOR BEKAS DARI JAKARTA RAMAI PEMINAT"