Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

NOMOR PENERBANGAN SJ 182 BILA DILIHAT DARI SURAT AL QUR'AN

 



Disini saya mengucapkan Turut Berduka Cita atas Jatuhnya Pesawat Sriwijaya Air SJ 182. yang Tepat pada tanggal 09 Januari 2021, Pesawat Sriwijaya jatuh di sekitar Kepulauan Seribu. Dikabarkan terdapat kurang-lebih sekitar 50 penumpang yang berada di dalam pesawat. Sebelumnya, pesawat Sriwijaya Air SJ182 rute Jakarta-Pontianak hilang kontak, Sabtu 9 Januari 2021. Pesawat tersebut lepas landas dari Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, pukul 13.46 WIB. Pada pukul 14.40 pesawat hilang kontak saat terbang di perairan Kepulauan Seribu. Posisi terakhir pesawat bernomor registrasi PK-CLC jenis Boeing 737-500 berada di 11 nautical mile sebelah utara Bandara Soetta.

Sebagai Seorang Muslim, Musibah ini hendaknya disikapi dengan penuh kesabaran dan ikhlas hal ini sesuai dengan Qur’an Surat Al Hajj ayat 70 yang artinya :

Tidakkah engkau tahu bahwa Allah mengetahui apa yang ada di langit dan di bumi? Sungguh, yang demikian itu sudah terdapat dalam sebuah Kitab (lauh mahfûdz). (QS al-Hajj [22]: 70).

Seorang muslim harus sabar dan mengetahui hikmah (rahasia) di balik setiap musibah, hal ini akan memiliki ketangguhan mental yang sempurna. Ini tentu berbeda dengan orang yang hanya memahami musibah secara dangkal hanya melihat lahiriahnya saja. Mentalnya akan sangat lemah dan ringkih, mudah tergoncang oleh sedikit saja cobaan duniawi. Apalagi kalau musibahnya besar, mungkin dia bisa gila. Bahwa sesuatu yang terjadi tidak luput dari pengetahuan Allah, bahkan daun pohon yang jatuhpun atas ketentuan Allah. Bila kita berpegang teguh pada Allah akan menyebabkan ketenangan jiwa kita. Jadi pasrahkanlah hanya kepada Allah.

Mari sedikit kita ambil pelajaran atas kejadian Pesawat Sriwijaya Air SJ 182 ini, bila kita lihat dan analisa entah kebetulah atau tidak, dari Nomor Penerbangan Pesawat tersebut SJ 182 dapat kita artikan :

1.      Pesawat tersebut jatuh pada Hari Sabtu (S) dan Bulan Januari (J) sedangkan 182 bila kita buka quran surat 18 ayat 2 memiliki arti :

sebagai bimbingan yang lurus, untuk memperingatkan akan siksa yang sangat pedih dari sisi-Nya dan memberikan kabar gembira kepada orang-orang mukmin yang mengerjakan kebajikan bahwa mereka akan mendapat balasan yang baik, (QS. Al-Kahf: 2)

dari ayat tersebut dapat kita lihat bahwa setiap perbuatan akan mendapat mendapat balasan sesuai dengan perbuatan tersebut. Ini dapat kita jadikan pengingat diri atas peringatan dari Allah

2.      Bila Tanggal Jatuhnya Pesawat adalah tanggal 9 dan bila kita hubungkan dengan Al quran maka surat ke 9 dalam Al Qu’an adalah Surat At-Taubah atau Pengampunan.

Mungkin selama ini sebelum tahun 2021 kita telah banyak berbuat salah dan dosa kepada Allah dan kepada sesama. Dan pada tahun 2021 mulailah kita bertaubat dan melakukan kehidupan yang lebih baik dari tahun sebelumnya, tinggalkan segala maksiat, iri dan dengki dan lebih dekatlah kepada Allah

3.      Bila Kita Hubungkan Tanggal, Nomor Penerbangan dan Al Quran maka kita dapat

a.      Surat 9 Ayat 1

Dalam Al – Qu’an surat 9 ayat 1 yang artinya :

(Inilah pernyataan) pemutusan hubungan dari Allah dan Rasul-Nya kepada orang-orang musyrik yang kamu telah mengadakan perjanjian (dengan mereka). (QS. At-Taubah: 1)

b.      Surat 9 Ayat 8

Dalam Al – Qu’an surat 9 ayat 8 yang artinya :

Bagaimana mungkin ada perjanjian (aman) di sisi Allah dan Rasul-Nya dengan orang-orang musyrik, kecuali dengan orang-orang yang kamu telah mengadakan perjanjian (dengan mereka) di dekat Masjidilharam (Hudaibiyah), maka selama mereka berlaku jujur terhadapmu, hendaklah kamu berlaku jujur (pula) terhadap mereka. Sungguh, Allah menyukai orang-orang yang bertakwa. (QS. At-Taubah: 7)

c.       Surat 9 Ayat 2

Dalam Al – Qu’an surat 9 ayat 2 yang artinya :

Maka berjalanlah kamu (kaum musyrikin) di bumi selama empat bulan dan ketahuilah bahwa kamu tidak dapat melemahkan Allah, dan sesungguhnya Allah menghinakan orang-orang kafir. (QS. At-Taubah: 2)

d.      Surat 9 Ayat 18

Dalam Al – Qu’an surat 9 ayat 18 yang artinya :

Sesungguhnya yang memakmurkan masjid Allah hanyalah orang-orang yang beriman kepada Allah dan hari kemudian, serta (tetap) melaksanakan salat, menunaikan zakat dan tidak takut (kepada apa pun) kecuali kepada Allah. Maka mudah-mudahan mereka termasuk orang-orang yang mendapat petunjuk. (QS. At-Taubah: 18)

Allahu Akbar…Allahu Akbar….Allahu Akbar…Ampunkan Kami ya Allah.. Sejak adanya wabah COVID – 19 tahun lalu banyak mesjid yang tutup dimana – mana, hampir semua Negara memberlakukan penutupan mesjid maupun tempat ibadah lainnya. Bahkan saat ada orang luar yang ingin ibadah di dalam mesjid dilarang walaupun itu di teras mesjid. Terlebih lagi seringnya para jamaah Tabliq di Usir oleh masyarakat dengan alasan takut tertular virus Covid. Padahal yang selalu mereka lakukan adalan memakmurkan mesjid dan mengajak ummat di sekitaran mesjid untuk sholat berjamaah. Sampai sekarangpun masih ada mesjid yang tutup untuk melakukan sholat berjemaah, jikalaupun ada mesjid yang masih buka, maka mesjid itu akan menerapkan shaf yang Jarang. Semoga Allah selalu mengampuni dosa – dosa kita.

e.       Surat 9 Ayat 12

Dalam Al – Qu’an surat 9 ayat 12 yang artinya :

Dan jika mereka melanggar sumpah setelah ada perjanjian, dan mencerca agamamu, maka perangilah pemimpin-pemimpin kafir itu. Sesungguhnya mereka adalah orang-orang yang tidak dapat dipegang janjinya, mudah-mudahan mereka berhenti. (QS. At-Taubah: 12)

f.       Surat 9 Ayat 82

Dalam Al – Qu’an surat 9 ayat 82 yang artinya :

Maka biarkanlah mereka tertawa sedikit dan menangis yang banyak, sebagai balasan terhadap apa yang selalu mereka perbuat. (QS. At-Taubah: 82)

Dari Penjelasan hubungan Nomor Penerbangan Pesawat Sriwijaya Air SJ 182 dengan Al –Quran tersebut diatas, dapat kita lihat banyaknya Hikmah yang dapat kita ambil sebagai Pelajaran dan Pengingat diri atas apa yang kita lakukan. Mulailah hidup lebih baik dan lebih bermanfaat terhadap sesama di tahun ini dan tahun – tahun berikutnya.

 


Posting Komentar untuk "NOMOR PENERBANGAN SJ 182 BILA DILIHAT DARI SURAT AL QUR'AN"