Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

NEGARA YANG AKAN MELARANG MOBIL BERBAHAN BAKAR FOSIL

 


Untuk mengurangi fenomena perubahan iklim dan emisi gas rumah kaca yang terjadi dan berdasarkan data International Council on Clean Transportation, banyak negara di Eropa yang juga telah mengumumkan komitmen bebas emisi karbon pada 2050. Sedangkan  kalau mengutip data The Climate Center, setidaknya enam negara lain di Asia yang sudah mengumumkan target peralihan ke mobil listrik. Berikut Negara – Negara yang berkomitmen untuk melarang penggunaan Mobil Berbahan Fosil atau BBM Bensin dan Diesel :                                                                                                                    

1.      AMERIKA SERIKAT (AS)

Amerika Serikat berencana melarang penjualan mobil dan light truck berbahan bakar bensin mulai 2035. Namun, sepertinya tidak seluruh wilayah di AS menerapkannya. Menurut laporan The Verge, hingga saat ini baru California yang mengeluarkan pernyataan akan menerapkan kebijakan tersebut. Langkah ini diambil sebagai upaya mengakhiri penggunaan mesin pembakaran internal berbahan bakar fosil.

2.      INGGRIS

Selain Negeri Paman Sam, Perdana Menteri Inggris, Boris Johnson, juga mengatakan hal serupa. BBC melaporkan, Inggris berencana melarang penjualan mobil dan van atau mobil ukuran besar berbahan bakar bensin serta diesel di Inggris mulai 2030.

Meski demikian, Johnson menyebutkan mobil dengan tenaga hybrid masih akan diizinkan. Rencana ini merupakan upaya revolusi industri hijau untuk mengatasi perubahan iklim dan menciptakan lapangan kerja di industri otomotif.

3.      PRANCIS

Prancis menargetkan bebas emisi karbon pada 2050. Untuk mewujudkannya, mulai 2040 Prancis akan menghentikan penjualan mobil berbahan bakar bensin dan diesel. Pemerintah Prancis akan memberikan solusi bagi produsen mobil terkait rencana penghentian penjualan mobil berbahan bakar fosil. Selain itu, investasi yang digelontorkan juga akan mendukung pengurangan kendaraan bermesin konvensional..

4.      CHINA 

Tak hanya negara-negara di Benua Eropa dan Benua Amerika saja yang berencana mengeluarkan kebijakan yang sama. Asia juga tak mau ketinggalan dalam urusan membersihkan kerusakan lingkungan akibat mobil bensin dan diesel. Salah satunya adalah China, yang turut mempertimbangkan untuk menghentikan penjualan kendaraan berbahan bakar minyak. Otoritas terkait di negara itu sedang mempelajari kapan waktu yang tepat untuk mulai pelarangan penjualan mobil berbahan bakar fosil.

5.      JEPANG

Jepang hendak melarang penjualan mobil baru berbahan bakar bensin mulai 15 tahun lagi, sebagai bagian dari upaya mencapai netralitas karbon pada 2050. Kebijakan baru ini berdasarkan dorongan untuk mempromosikan kendaraan listrik dan hibrida, lapor media Mainichi Shimbun tanpa mengutip sumber. Perdana Menteri Yoshihide Suga pada Oktober menetapkan tenggat waktu 2050 bagi Jepang untuk menjadi netral karbon, dan mendorong perusahaan-perusahaan besar untuk menyusun rencana menekan emisi CO2 mereka.

6.      JERMAN

Jelang tahun 2030 Jerman akan melarang mobil-mobil berbahan bakar minyak seperti bensin dan solar untuk mengurangi 95% bebas CO2. Keputusan itu diambil berdasakan rapat DPR Jerman yang menyetujui resolusi untuk melarang penjualan mesin diesel di seluruh negara anggota Uni Eropa (EU) pada tahun 2030.

7.      KANADA

Pemerintah Kanada Berencana melarang penjualan Mobil Berbahan Fosil di Tahun 2035

8.      NORWEGIA

Pemerintah Norwegia juga dalam rencana pengembangan transportasinya menyatakan target yang jelas. Pada tahun 2025, semua kendaraan penumpang yang dijual haruslah kendaraan dengan nol persen emisi.

9.      BELANDA

Pada tahun 2030 misalnya koalisi partai penguasa pemerintah disana ingin mengurangi kadar emisi karbon CO2 sebesar 49 persen dan meyakini pelarangan tersebut merupakan salah satu cara ampuh agar tujuan itu bisa tercapai. Pada Tahun 2017 mobil-mobil listrik di Belanda jumlahnya baru mencapai 6,4 persen dari keseluruhan mobil yang beredar disana. Angka tersebut bisa dibilang cukup lumayan berkat adanya subsidi yang diberikan pemerintahnya.

10.  AUSTRIA

Dibanding Dengan Negara Eropa Lainnya Negara Austria Berencana Mempercepat Pelarangan Mobil Berbahan Bakar Fosil di Tahun 2027

11.  DENMARK

Denmark sesungguhnya ingin melarang penjualan seluruh mobil dengan bahan bakar fosil pada 2030. Namun keinginannya tersebut di tolak oleh Uni Eropa karena organisasi negara-negara benua biru tersebut sudah memiliki rencana lain untuk mengurangi penggunaan mobil-mobil bermesin pembakaran dalam.

12.  ISLANDIA

Berdasarkan data International Council on Clean Transportation, banyak negara di Eropa lain yang jug telah mengumumkan komitmen serupa untuk melarang penggunaan Mobil Berbahan bakar Fosil. Islandia Sendiri akan Memulai Pada Tahun 2030

13.  SKOTLANDIA

Skotlandia juga berencana melarang mobil berbahan Bakar Fosil pada tahun 2032 sesuai data International Council on Clean Transportation

14.  SPANYOL

Pemerintah Spanyol akan melarang penjualan BBM dan mobil diesel baru mulai 2040. Hal itu dilakukan Spanyol untuk memangkas emisi polusi.“Pengajuan rancangan undang-undang mengenai  transisi energi ini ditujukan agar Spanyol bisa sepenuhnya melakukan dekarbonisasi di bidang ekonominya pada 2050,” kata Perdana Menteri Pedro Sanchez saat itu

15.  SLOVENIA

Berdasarkan data International Council on Clean Transportation Negara Slovenia berkomitmen untuk melarang penggunaan Mobil berbahan Bakar Fosil pada Tahun 2030

16.  ISRAEL

Israel dan petroleum memang tidak pernah bisa akur, oleh karena itu negara Timur Tengah ini sedang mempersiapkan untuk mengakhiri hubungan tersebut sepenuhnya.Berdasarkan laporan dari Reuters, Departmen Energi Israel telah mengungkapkan rencana untuk menghapuskan penjualan kendaraan bensin dan diesel baru pada tahun 2030. Untuk mencapai hal tersebut pemerintah setempat akan memberikan insentif kendaraan berbahan bakar listrik dan gas.

17.  INDIA

India saat ini tengah mengalami pencemaraan udara yang memprihatinkan. Dibutuhkan kebijakan-kebijakan yang kuat. Pertumbuhan jumlah kendaraan di India bakal meledak dalam beberapa tahun ke depan, seiring dengan pertumbuhan kelas menengah di India.

18.  SRILANKA

Mengutip data The Climate Center, Sri Lanka merupakan satu dari enam negara lain di Asia yang sudah mengumumkan target peralihan ke mobil listrik pada Tahun 2040

19.  SINGAPURA

Kebijakan terkait penerapan eletrifikasi kendaraan disampaikan Pemerintah Singapura pada pekan ini. Negara pulau tersebut berencana melarang sepenuhnya peredaran mobil bermesin bensin dan diesel pada 2040 mendatang, seperti disampaikan Menteri Keuangan, Heng Swee Keat.

20.  TAIWAN 2040

Mengutip data The Climate Center, Taiwan merupakan satu dari enam negara lain di Asia yang sudah mengumumkan target peralihan ke mobil listrik pada Tahun 2040

21.  UNI EROPA ( 2030 – 2040)

Uni Eropa menargetkan pengurangan emisi gas karbon sebanyak 40 persen pada 2030. Kemudian, pada 2050, emisi ingin dihilangkan ke titik nihil demi menghentikan pemanasan global. Merek ingin Benia Biru itu menjadi benua pertama yang menghentikan penjualan mobil konvensional pada 2050.

Bagaimana dengan Indonesia Perlukah Melarang Penggunaan Kendaraan Diesel dan Bensin???  

Atau sebaiknya Indonesia Menggunakan Bahan Bakar Nabati??? 


Posting Komentar untuk "NEGARA YANG AKAN MELARANG MOBIL BERBAHAN BAKAR FOSIL"